English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Dosen Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang Olah Ubi Jalar jadi Cemilan Menarik

03 Aug 2023 - 08:27 WITA · 03 Aug 2023 - 08:40 WITA · PUBLIC RELATION · 908

Dosen Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar melaksanakan Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) di Desa Nisombalia Kecamatan Marusu Kabupaten Maros pada sabtu 29 Juli 2023. Kegiatan ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai salah satu perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi, yang dikemas dalam tema menarik yaitu “Pengolahan Ubi Jalar Menjadi Produk Ubi Fantasi”. Desa Nisombalia adalah salah satu desa binaan PNUP, dimana terdapat Kelompok Usaha Sehati yang merupakan kelompok pemberdayaan perempuan yang terbentuk pada tahun 2007, kelompok ini bertujuan untuk meningkatkan potensi perempuan masyarakat Desa Nisombalia dengan memanfaatkan sumber daya wilayahnya.

Dr. Fajriyati Mas’ud selaku ketua tim menjelaskan bahwa tujuan kegiatan PPDM ini adalah untuk transfer dan aplikasi ilmu pengetahuan dari perguruan tinggi kepada masyarakat. Pada kegiatan ini dilibatkan pula mahasiswa yang bertujuan agar mahasiswa dapat memahami permasalahan di masyarakat dan mampu memberikan solusi berdasarkan ilmu yang telah diperolehnya di bangku kuliah. Program ini telah dipersiapkan sejak bulan April 2023 dan dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2023 hingga akhir November 2023. Kegiatan difokuskan pada pengolahan ubi jalar menjadi produk ubi fantasi, selain itu dilakukan penyuluhan/sosialisasi terkait manfaat dan permasalahan minyak goreng bagi kesehatan. Produk olahan ubi jalar dibuat dalam bentuk yang menarik dan rasa yang disukai anak-anak, sehingga produk dapat dijual di sekolah-sekolah khususnya yang ada di Desa Nisombalia.

Hasmawati selaku Ketua Kelompok Usaha Sehati menjelaskan bahwa produksi ubi jalar di Desa Nisombalia hanya dijual dalam bentuk segar, sehingga kegiatan ini sangat membantu dalam pengembangan usaha kelompoknya. Pernyataan yang sama juga diutarakan oleh anggota yang hadir, “kami sangat berterima kasih atas ilmu yang diberikan sebab selama ini kami tidak tahu bagaimana menyelamatkan ubi jalar yang tidak laku terjual, berkah ilmunya”, ungkap salah satu peserta.

Pada akhir kegiatan, tim PPDM menyerahkan alat pengolahan ubi jalar kepada mitra dengan harapan mitra dapat mengembangkan produk ubi jalar di wilayahnya, sehingga dapat menambah pendapatan keluarga. PPDM ini merupakan program yang pendanaanya dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) PNUP berdasarkan SK Direktur PNUP Nomor 959/P/2023 tanggal 8 Mei 2023. Tim ini beranggotakan dosen dan PLP Jurusan Teknik Kimia PNUP, serta mahasiswa program studi D4 Teknologi Kimia Industri Jurusan Teknik Kimia PNUP.