English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Perkuat Sinergi, Prodi TKJ Berikan Aplikasi Untuk Dinas Koperindag Kab. Maros

01 Jun 2023 - 15:45 WITA · 02 Sep 2023 - 03:41 WITA · PUBLIC RELATION · 1,063

Sinergi dan kolaborasi perguruan tinggi dan pemerintah diharapkan melahirkan banyak inovasi dan kreasi yang bisa memberikan dampak bagi peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Berkaitan dengan itu, program studi (Prodi) D4 Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Maros melakukan launching dan serah terima produk aplikasi UMKM. Kegiatan tersebut berlangsung di ruangan Kepala Dinas Kopurindag pada Selasa, (30/5/2023), dengan dihadiri para dosen dan mahasiswa TKJ, kepala dinas, pegawai dan konsultan pendamping Dinas Koperindag.

Mahasiswa Prodi TKJ Abdul Rahman mengembangkan aplikasi untuk mempermudah pendataan dan seleksi penerimaan bantuan UMKM di Dinas Koperindag sehingga pelayanan kepada Koperasi dan UKM menjadi lebih informatif. Koordinator Prodi TKJ PNUP, Eddy Tungadi, S.T., M.T. menyampaikan aplikasi ini diharapkan memperkuat sinergi dan kerja sama, sehingga baik PNUP maupun Dinas Koperindag sehingga bisa saling berkontribusi kepada masyarakat.

"Kita harapkan aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengetahui informasi dan produk koperasi resmi dan UMKM, sehingga dapat memberikan dampak bagi kemajuan pelaku UMKM di Kabupaten Maros. Selain itu, untuk menjaga relevansi pendidikan vokasi dengan kebutuhan daerah, kedepannya aplikasi ini akan terus disempurnakan oleh mahasiswa TKJ yang akan melakukan penelitian selanjutnya di Dinas Kopurindag", ungkap Eddy. 

Berkelanjutan

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Towadeng, S.H. menuturkan bahwa dengan adanya aplikasi dapat berdampak positif dalam upaya peningkatan pelayanan dan mutu UMKM, "Kami berharap bahwa aplikasi buatan adinda Rahman ini bukan hanya sekedar produk penelitian tapi dapat bermanfaat secara langsung dan memudahkan para pelaku UMKM untuk berkomunikasi dengan Dinas Koperindag", jelas Towadeng.

Selain itu, Towadeng berharap kedepannya Dinas Koperindag dan PNUP dapat terus mengembangkan kerjasama. "Kita berharap dapat menjalin kerjasama berkelanjutan dalam bentuk magang dan penelitian mahasiswa serta penelitian dan pengabdian masyarakat dari para dosen TKJ supaya dapat lahir aplikasi-aplikasi dan solusi-solusi lain seperti pelatihan SDM yang dibutuhkan untuk memastikan keberlanjutan akselerasi transformasi digital di Dinas Koperindag", pungkas Kepala Dinas Koperindag.