English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Jurusan Akuntansi PNUP Sukses Gelar Kuliah Umum dengan Fokus pada Literasi Pasar Modal Syariah

24 May 2023 - 17:01 WITA · PUBLIC RELATION · 1,077

Dalam rangka memperluas pemahaman dan inklusi pasar modal syariah, Jurusan Akuntansi PNUP menggelar Kuliah Umum yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan kesadaran akan investasi berbasis syariah. Acara ini juga sekaligus menjadi momen penting dalam relaunching Galeri Investasi Syariah Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Kegiatan diawali dengan penampilan tarian yang memukau para peserta, menciptakan atmosfer yang menyegarkan sekaligus meriah. Pembukaan acara dipandu oleh seorang MC yang enerjik, membawa semangat yang tinggi kepada seluruh peserta yang hadir.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Jurusan, yang menyampaikan pentingnya pengembangan literasi dan inklusi pasar modal syariah di kalangan mahasiswa. Selanjutnya, pihak KISI (Kamar Investasi Syariah Indonesia) memberikan sambutan, memberikan wawasan lebih lanjut tentang pentingnya investasi berbasis syariah.

Puncak acara ditandai oleh sambutan dari Direktur PNUP, yang meresmikan Galeri Investasi Syariah dan secara simbolis memotong pita sebagai tanda dimulainya era baru dalam pengembangan investasi syariah di kampus. Acara dilanjutkan dengan perkenalan Pengurus KSPMS (Kelompok Studi Pasar Modal Syariah) PNUP, yang akan berperan penting dalam mengembangkan dan memajukan investasi syariah di lingkungan kampus.

Selanjutnya, acara dimeriahkan dengan kuis interaktif yang melibatkan seluruh peserta. MC kemudian memberikan pengalihan tugas kepada Moderator untuk memandu sesi Kuliah Umum. Dua pemateri berkompeten di bidang pasar modal syariah,  Fahmin Amirullah (Kepala kantor Perwakilan di BEI Sulawesi Selatan) dan Abdul Fattah (Representative di KISI Makassar) memberikan kuliah umum yang menginspirasi, memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya literasi keuangan dan investasi syariah. 

Sesi Tanya Jawab menjadi momen yang dinamis, di mana peserta diberi kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para pemateri. Penyerahan cenderamata kepada pemateri menjadi tanda terima kasih atas kontribusi dan pengetahuan berharga yang telah dibagikan.

Moderator kemudian mengalihkan kembali tugas kepada MC, yang melanjutkan dengan kuis lainnya untuk tetap membangkitkan semangat dan mempererat hubungan antara peserta. Dilanjutkan dengan Network Testing, peserta memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan menjalin jaringan dengan para pemateri dan peserta lainnya.

Tidak ketinggalan, lomba Ranking Satu digelar sebagai tantangan menarik bagi para peserta untuk memamerkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam pasar modal syariah. Pengumuman pemenang lomba ini ditunggu dengan antusiasme tinggi, diikuti dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang yang berprestasi.

Acara ditutup dengan penuh haru dan kebanggaan atas kesuksesan Kuliah Umum dan Relaunching Galeri Investasi Syariah Politeknik Negeri Ujung Pandang. Semangat untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal syariah telah ditebar dan akan terus berkembang di kalangan mahasiswa PNUP.