English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Kemeriahan Upacara Hari Kebangkitan Nasional di PNUP: Komitmen Mahasiswa untuk Mewujudkan Kemajuan Bangsa

22 May 2023 - 10:56 WITA · 22 May 2023 - 10:57 WITA · PUBLIC RELATION · 1,059

Politeknik Negeri Ujung Pandang mengadakan Upacara bendera untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2023 yang ke-115 tahun. Upacara tersebut dilaksanakan serentak pada hari Senin tanggal 22 Mei 2023 dengan penuh khidmat. Seluruh Civitas Akademika Politeknik berkumpul untuk merayakan momen bersejarah ini.

Rangkaian upacara mengikuti pedoman upacara hari kebangkitan nasional tahun 2023. Dimulai dengan pengibaran Bendera Sang Merah Putih, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan mengheningkan cipta. Pembacaan naskah-naskah penting seperti Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 juga dilakukan. Inspektur Upacara kemudian membacakan naskah pidato Menteri Komunikasi dan Informatika menyambut 115 Tahun 2023 peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Lagu-lagu perjuangan seperti "Satu Nusa Satu Bangsa" juga dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara. Acara ditutup dengan pembacaan doa.

Tema Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023 yang ditetapkan pemerintah adalah "Semangat untuk Bangkit". Peringatan ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, menegakkan nilai-nilai demokrasi, serta mempererat persaudaraan untuk mewujudkan visi dan misi bangsa ke depan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.