English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mendukung Kampus Merdeka: Politeknik Negeri Ujung Pandang Gelar Bimtek Implementasi MBKM

17 May 2023 - 20:24 WITA · 17 May 2023 - 20:34 WITA · PUBLIC RELATION · 964

Politeknik Negeri Ujung Pandang mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2023  Pada Perguruan Tinggi Vokasi  pada Hari Rabu, 17 Mei 2023. Kegiatan Bimtek diawali dengan sambutan dan arahan oleh Kepala Pusat Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P3MP),  Dr. Andi Musdariah, S.S., M.Hum.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P3MP),  Dr. Andi Musdariah, S.S., M.Hum menyatakan harapannya agar  para hadirin dalam kegiatan ini menjadi duta MBKM di prodinya masing-masing. Tujuannya adalah untuk memberikan penjelasan yang lebih jelas terkait hal-hal yang masih belum terang, menyelesaikan kontroversi yang mungkin timbul, dan meyakinkan para dosen mengenai program MBKM.

Wakil Direktur I Rusdi Nur, S.ST., M.T., Ph.D. dalam sambutannya menegaskan kepada setiap hadirin untuk dapat menyimak dengan baik  kegiatan Bimtek  ini dan menjelaskan betapa pentingnya program MBKM  untuk dapat membantu mahasiswa dalam mencapai kesuksesan di masa depan. 


"Terkait dengan MBKM, program ini seharusnya dilaksanakan sesuai arahan pemerintah. Tujuannya adalah agar mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan atau keahlian di luar lingkungan Politeknik Negeri Ujung Pandang. Namun, terdapat beberapa kontroversi terkait meyakinkan dosen-dosen untuk melakukan konversi nilai bagi mahasiswa yang mengikuti program MBKM. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan kebijakan yang jelas dari pimpinan untuk program ini kedepannya" ucapnya dilanjutkan dengan membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pada Perguruan Tinggi Vokasi.


Kegiatan Bimtek dilanjutkan dengan pemaparan materi secara detail mengenai kegiatan MBKM dan Kurikulum baru Tahun 2023  oleh Dr. Drs. Ludfi Djajanto, MBA, Dosen Politeknik Negeri Malang dan salah satu anggota Tim Kurikulum Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2014 Sampai sekarang.

Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada Civitas Akademika Politeknik Negeri Ujung Pandang terkhusus, kepada Koordinator Program Studi.

Dalam kegiatan Bimtek ini, para peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dan diskusi dengan narasumber. Diskusi ini sangat bermanfaat bagi para peserta untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai kegiatan MBKM. 

Kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2023 di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) merupakan salah satu langkah PNUP dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Melalui program MBKM dan konsep kampus merdeka, diharapkan para mahasiswa dapat mengeksplorasi kebebasan dan fleksibilitas dalam memilih program MBKM yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dan mendukung mereka dalam mencapai kesuksesan di masa depan.