English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Bangga, 7 Dosennya Lolos sebagai Asesor BAN-PT

12 May 2023 - 17:07 WITA · PUBLIC RELATION · 1,208

Tujuh orang Tenaga Pendidik Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Ban-PT) Nomor 002/BAN-PT/SK/V/2023 tentang Nama Calon Asesor BAN-PT yang Dinyatakan Lulus Seleksi Tahun 2023. Keputusan ini bersifat final dan mengikat (binding) dan berlaku sejak 10 Mei 2023 yang ditetapkan oleh Prof. Ari Purbayanto, Ph.D. (BAN-PT Direktur Dewan Eksekutif). Keenam dosen tersebut adalah:

1.    Prof. Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph.D. (Dosen Jurusan Teknik Mesin, Prodi D4 Teknik Pembangkit Energi)
2.    Ahmad Zubair Sultan, S.T., M.T., Ph.D. (Dosen Jurusan Teknik Mesin, Prodi S2 Terapan Manufaktur)
3.    Ahmad, S.T., M.T., Ph.D. (Dosen Jurusan Teknik Mesin, Prodi D3 Teknik Mesin) 
4.    Dr. Ir. Firman, M.T. (Dosen Jurusan Teknik Mesin, Prodi D4 Teknik Pembangkit Energi)
5.    Ir. Nur Hamzah, M.T., Ph.D. (Dosen Teknik Mesin, Prodi D4 Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan)
6.     Dr. Eng. Adiwijaya, SST., M.T. (Dosen Jurusan Teknik Sipil, Prodi D4 Perancangan Bangunan Gedung)
7.    Dr. Mardiana Amir, S.T., M.T. (Dosen Jurusan Teknik Sipil, Prodi D4 Jasa Konstruksi)
     
Sebagai asesor diwajibkan untuk mengikuti kegiatan penyamaan persepsi terhadap berbagai ketentuan serta peraturan yang berlaku dalam proses akreditasi PT dan Program Studi di lingkungan BAN-PT. Peran asesor sangat penting dalam melakukan evaluasi kecukupan atas data dan informasi untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi secara independen, akurat, objektif, transparan, akuntabel, tidak berpihak, kredibel, menyeluruh, efektif, dan efisien. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang mereka miliki, diharapkan mereka dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam meningkatkan mutu PT di Indonesia.

Wakil Direktur I PNUP Periode 2018-2022, Ahmad Zubair Sultan, S.T., M.T., Ph.D merupakan salah satu dosen yang terpilih, mengucapkan terima kasih kepada Direktur dan Ketua Jurusan Teknik Mesin PNUP atas dukungan dan rekomendasi mereka dalam pendaftaran dosen  sebagai asesor BAN-PT,  Memiliki pengalaman sebagai mantan wadir I yang terlibat dalam kegiatan SPMI dan SPME, serta sebagai asesor BKD yang menilai kinerja dosen baik di internal PNUP maupun di Politeknik lain. ia berharap dapat melaksanakan tugas sebagai asesor BAN-PT dengan integritas, objektivitas, dan keadilan untuk memberikan rekomendasi yang tepat demi perbaikan kualitas perguruan tinggi vokasi. ia berharap dapat terus belajar dari senior dan rekan sejawat sebagai asesor BAN-PT dan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi vokasi di Indonesia melalui peran sebagai asesor BAN-PT. ia pun meminta dukungan dari Direktur PNUP berupa surat penugasan mengikuti kegiatan penyamaan persepsi, mengingat ada 7 orang yang lulus sebagai asesor BAN-PT dari PNUP. Terima kasih atas kesempatan ini.


Direktur PNUP, Ir. Ilyas Mansur, M.T., mengucapkan selamat kepada tujuh dosen yang lolos sebagai asesor BAN-PT. Ia menyatakan bahwa dukungan yang diberikan oleh Direktur adalah sebagai upaya untuk menunjukkan bahwa dosen-dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang tidak hanya hebat dalam lingkungan kampus, tetapi juga di luar kampus. Ia berharap bahwa keberhasilan tersebut dapat memberikan motivasi kepada seluruh civitas akademika untuk keluar dari zona nyaman dan menantang diri mereka sendiri untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

Keberhasilan tujuh dosennya dalam menjadi asesor BAN-PT merupakan prestasi yang membanggakan bagi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Sebagai asesor, para dosen ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi vokasi di Indonesia. Dukungan dari Direktur PNUP terhadap para dosen yang terpilih ini juga merupakan upaya untuk menunjukkan bahwa dosen-dosen PNUP memiliki kemampuan dan kualifikasi yang tidak hanya diakui di lingkungan kampus, tetapi juga di luar kampus. Semoga keberhasilan ini dapat memotivasi seluruh civitas akademika PNUP untuk terus menantang diri mereka sendiri dan meraih prestasi yang lebih tinggi di masa depan.


LAMPIRAN ARTIKEL

  • Keputusan Dirde No 002.ban-pt.sk.v.2023 Tentang Calon Asesor Ban-pt.pdf Download