English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Lolos Program IISMA 2023, Enam Mahasiswa PNUP Bakal Studi ke Luar Negeri

18 Apr 2023 - 12:04 WITA · 18 Apr 2023 - 12:15 WITA · PUBLIC RELATION · 1,841

Sebanyak 6 mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang berhasil lolos dalam seleksi program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Program beasiswa IISMA merupakan bagian dari program Kampus Merdeka atau MBKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI). Tujuannya untuk membiayai mahasiswa Indonesia dalam program mobilitas internasional ke perguruan tinggi dan industri terbaik dunia. Mahasiswa memilih mata kuliah di universitas tujuan yang sesuai minatnya, dengan Program ini memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh pengakuan kredit semester sebesar 20 sks. 

Selain itu, Program IISMA juga ditujukan untuk memberi pembekalan pada generasi mendatang supaya dapat menghadapi tiga tantangan penting di kemudian hari, yaitu tantangan industri 4.0, internasionalisasi, dan pembelajar mitra dengan luar negeri. Harapannya, alumni IISMA diharapkan bisa menjadi pelopor bangsa yang lebih siap daripada lainnya. Program IISMA dirancang untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mempelajari berbagai kemampuan yang dibutuhkan di masa depan, seperti New Media Literacy, Social Intelligence, Computational Thinking, dan lain-lain. Kedepannya, lapangan pekerjaan akan semakin tergantikan oleh teknologi, sehingga kemampuan penguasaan teknologi akan sangat dibutuhkan.

Para mahasiswa yang berhasil lolos tersebar di beberapa perguruan tinggi luar negeri seperti  United Kingdom, South Korea dan The Netherlands. 6 Mahasiswa tersebut adalah :

NO. NAMA NIM PRODI/JURUSAN UNIVERSITAS TUJUAN NEGARA
1. Andi Muhammad Fajar Islamy 41220019 D4  Jasa  Konstruksi  /  Teknik Sipil Kangwon National University South Korea
2. Azizah Mustafidah 42620039 D4   Teknik   Multimedia   dan
Jaringan / Teknik Elektro
Ulsan College South Korea
3. Fadel Izza 43121009 D4    Teknologi    Rekayasa
Kimia      Berkelanjutan  / Teknik Kimia
Aeres University of Applied Science The Netherlands
4. Faqih Abdillah Arif 42121007 D4  Teknik  Listrik  /  Teknik Elektro University of Portsmouth United Kingdom
5. Zahran Atha Dillah 44420024 D4    Teknik    Mekatronika  / Teknik Mesin Coventry University United Kingdom
6. Zhafira Nur Athiyyah. S 44221040 D4 Teknik Pembangkit Energi
/ Teknik Mesin
University of Nottingham United Kingdom