English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP, Mahasiswanya belum lulus dapat langsung jadi KARYAWAN TETAP di perusahaan Internasional. Ayo Kuliah di PNUP!

09 Apr 2023 - 08:41 WITA · PUBLIC RELATION · 1,390

Menindaklanjuti salah satu kegiatan terbaik PNUP yaitu kesepakatan bersama pada Sabtu, 12 November 2022 tentang pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat bersama, kali pertama Politeknik Negeri Ujung Pandang bersama dengan PT Huayou Cobalt menggelar Sosialisasi Beasiswa Magang dan Ikatan Dinas di PT Huayou Cobalt secara virtual melaui platform zoom pada Sabtu (8/4/2023). Moderator dipimpin oleh Dr. Andi Musdariah, S.S., M.Hum. dan Stefanny Lie sekaligus sebagai penerjemah bahasa Mandarin-Indonesia, sementara host dihadiri oleh Adam Rasid, S.Sos., M.Si. selaku Wakil Direktur III PNUP, Ir. Ilyas Mansur, M.T. selaku Direktur PNUP, dan Guo Chaozhong selaku Head of General Manager Department - PT Huayou Cobalt. Acara sosialisasi juga diikuti ketua jurusan, para mahasiswa(i) sebanyak kurang lebih 310 orang dan pihak lainnya.


Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk melakukan sosialisasi beasiswa magang dan ikatan dinas di PT Huayou bagi mahasiswa(i) jurusan teknik (mesin, elektro, kimia dan sipil) semester IV jenjang D3 saat ini, jika dibutuhkan kedepannya akan terbuka peluang bagi jurusan teknik semester VI jenjang D4.


Saya berharap agar Kerjasama ini dapat berlanjut dan adik-adik mahasiswa juga bisa menjaga nama baik almamater PNUP. Jika terdapat beasiswa yang cukup besar dan patut kita sangat bersyukur terhadap hal itu,” kata  Ir.Ilyas Mansur, M.T.


Dr. Andi Musdariah, S.S., M.Hum. mengatakan disamping kemampuan yang lain, prestasi akademik juga sangat penting sehingga kita bisa mencapai apa yang kita cita-citakan bersama.”


“Kami sangat senang atas pertisipasi para pimpinan dan mahasiswa serta terima kasih telah menyampaikan secara detail isi kerjasama antara PT Huayou dengan PNUP. Nanti kami akan menjelaskan lebih kepada pengenalan perusahaan dan juga program dari beasiswa itu sendiri seperti apa,” kata Guo Chaozhong.


"PT Huayou Cobalt Co., Ltd., adalah perusahaan Cobalt terbesar di dunia dengan konsep pembangunan yang ramah lingkungan. Bersama-sama berinvestasi dengan Tsingshang dan China Molydenum CC., Ltd. untuk mendirikan PT Huayou Nickel Cobalt dalam rangka membangun proyek Hidrometalurgi bijih nikel baru kelas dunia dengan dukungan ketersediaan sumber daya nikel, bahan material manufaktur kelas mid-end dan pasar baterai listrik PT Huayou menjamin untuk memberikan bahan baku yang terbaik bagi industri energi baru,” kata Stefanny Lie dalam pemaparannya.


Ketentuan dari program beasiswa dan magang di PT Huayou, diantaranya:
-    Mahasiswa berprestasi Jenjang D3 semester IV
-    Jurusan Teknik (Mesin, Elektro, Kimia, dan Sipil)
-    Masuk dalam kelompok khusus kapasitas 50 orang (mempelajari budaya, mandarin dan skill lainnya)
-    Bersedia magang di projek
-    Aktif meminta bimbingan Tugas Akhir
-    Lulus pada waktunya
-    Terikat dinas selama 2 tahun
-    Sehat jasmani dan rohani
-    Berperilaku baik dan sopan
-    Tidak memiliki rekap kriminal atau pengguna narkoba

“Setelah 2 tahun nantinya bekerja di PT Huayou, maka akan langsung diangkat sebagai karyawan tetap dan memiliki kesempatan jenjang karir setiap tahunnya,” kata Stefanny Lie saat ditanya oleh salah satu mahasiswa.

Selain dijanjikan sebagai karyawan tetap, bahkan saat magangpun memperoleh beberapa benefit, diantaranya mendapatkan uang saku, fasilitas (biaya perjalanan, tempat tinggal, dan konsumsi 3x sehari), jaminan kesehatan dan K3, dan tanggungan biaya surat keterangan kriminal dan bebas narkoba.