English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Pembekalan dan Pelepasan Mahasiswa Akuntansi

18 Feb 2023 - 07:44 WITA · PUBLIC RELATION · 1,508

        Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang menyelenggarakan Pembekalan dan Pelepasan mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa D-3 Akuntansi dan KKNP Mahasiswa D4 Akuntansi Manajerial di Aula Lt. 3 Gedung Administrasi Kamis, (09/02/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Direktur II  Dr. Jamal, S.T., M.Eng, Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan Lukman, S.T.,M.Pd, Ketua Jurusan Akuntansi Drs. Samsul Bahri, M.Si, Sekretaris Jurusan Akuntansi Fatmawati, S.E.Ak., M.Si, dan Segenap Dosen Jurusan Akuntansi.

      Dalam penyampaiannya Drs. Samsul Bahri, M.Si. selaku ketua jurusan akuntansi menegaskan bahwa mahasiswa harus memiliki etika dan karakter yang baik agar bisa menjaga nama baik Politeknik. Jangan sampai perusahaan tidak mau menerima kembali kegiatan mahasiswa PKL/KKNP hanya karena memiliki kesan tidak baik terhadap mahasiswa yang pernah PKL/KKNP di perusahaan tersebut. Jurusan Akuntansi melepas secara resmi  sebanyak 83 Mahasiswa D3 Akuntansi dan 108 Mahasiswa D4 Akuntansi Manajerial. Berbeda dengan Ibu Fatmawati, S.E.Ak selaku  sekretaris jurusan menyampaikan materi pembekalan terkait tata cara, proses dan teknis dalam pelaksanaan PKL dan KKNP mahasiswa di perusahaan nantinya.

      Dari 108 Mahasiswa, terdapat 11 mahasiswa yang telah menyelesaikan kegiatan MSIB dan langsung melakukan konversi nilai sebagai ganti nilai KKNP. “kegiatan ini sangat bagus, terutama dalam mengembangkan potensi mahasiswa di bidang jurusan masing-masing dan terjun langsung ke Lapangan, jadi kegiatan ini secara langsung membentuk softskill dan hardskill mahasiswa, yang mampu mengaplikasikan segala ilmu yang didapatkan dalam perkuliahan.” Jelas salah satu Mahasiswa yang telah melaksanakan MSIB Batch 3 dengan pengalaman dan pembekalan yang telah diterima oleh setiap mahasiswa. Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi sarana pendekatan secara langsung sesuai dengan bidang keahliannya serta ikut berperan aktif dalam dunia kerja sesungguhnya, dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya baik itu teori maupun praktek yang telah diperoleh saat kuliah dalam praktek nyata di lapangan.