English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Pembukaan ERROR oleh Eprom

25 Jan 2023 - 12:59 WITA · PUBLIC RELATION · 1,205

Pembukaan ERROR (Eprom ROFFCA Open Recruitment) suskes terlaksana yang diselenggarakan oleh Elektro Poltek Robot Team (EPROM) selama dua hari (Sabtu-Minggu, 21-22 Januari 2023) di Gedung Theater, Kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).


Pada ERROR 22, terdapat lebih dari 90 mahasiswa Teknik Elektro yang mendaftarkan diri pada komunitas tersebut, 24 diantaranya merupakan mahasiswa Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TRJT). Angka tersebut merupakan jumlah tertinggi jika diurutkan berdasarkan program studi. Pada pembukaan tersebut, peserta diberikan gambaran singkat mengenai kegiatan EPROM sampai dengan pembekalan materi dasar mengenai robotika mulai dari elektrikal, pemrograman, sampai dengan mekanikal berupa desain 3 dimensi.


Fajar, salah seorang mahasiswa TRJT Angkatan 2022 mengungkapkan kesannya selama mengikuti kegiatan tersebut. “Meskipun lelah, saya senang bisa mendapatkan ilmu baru sesuai yang diharapkan,” tuturnya. Sebagai pemicu antusiasme peserta, disela-sela materi diberikan sebuah tantangan berupa case pemrograman menyalakan LED dengan Arduino pada simulasi Proteus sesuai instruksi dengan baris kode tersingkat. Terlihat para peserta tampak antusias memecahkan case tersebut demi memenuhi tantangan dan mendapatkan reward berupa nilai tambah sebesar 30 poin.


Sistem poin yang diterapkan merupakan syarat kelulusan peserta, tak heran para peserta cukup antusias dengan reward tersebut. Mahfud Syam selaku ketua panitia ERROR 2023 menyampaikan bahwa agar dapat menjadi bagian dari EPROM, peserta harus mencapai standar minimum poin kelulusan yang telah ditentukan, dimana poin tersebut diberikan kepada peserta terhitung sejak pembukaan ERROR 22.  “Sejauh ini peserta telah melewati dua buah tahap pada rangkaian ERROR 22. Selanjutnya peserta akan dibagi kedalam beberapa kelompok dengan fasilitas berupa dua orang pembimbing yang akan membantu peserta memahami materi yang telah diberikan sampai dengan beberapa hari kedepan, sehingga pada tahap technical test peserta telah memiliki bekal yang cukup. Untuk pemberian point sendiri akan bersifat fleksibel dengan melihat berbagai aspek,” ujar mahasiswa Angkatan 2020 asal prodi TRJT ini.


Kesuksesan acara tersebut tidak terlepas dari jerih payah panitia ERORR 22 dari berbagai program studi di Jurusan Teknik Elektro yang tergabung dalam komunitas EPROM, dimana 5 diantaranya merupakan mahasiswa TRJT. Mahfud mengungkapkan rasa terima kasih yang begitu dalam terhadap teman-teman panitia atas kerja sama dan antusiasme selama kegiatan pembukaan ERROR 22 berlangsung. “Semoga semangat dan solidaritas kita masih tetap terjaga kedepannya. Untuk adik-adik peserta ERROR 22, semoga lulus, tetap lestari,  dan tidak termakan seleksi alam”, imbuhnya.


Pada kesempatan tersebut, Fadli selaku Ketua EPROM turut mengungkapkan harapannya kepada bakal calon anggota EPROM agar dapat mengukir prestasi pada KRI Nasional sehingga mengharumkan nama kampus, jurusan serta program studi nantinya.

 

Diakses pada 25 Januari 2023 dari artikel ilmiah: Artikel by: https://d4trjt.poliupg.ac.id/2023/01/24/laksanaka-error-22-komunitas-elektro-poltek-robot-team-targetkan-juara-di-kri-nasional/