English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

A. Nurul Fadilahtul Ukhti, Mahasiswa PNUP berhasil menerima beasiswa IISMAVO

23 Jan 2023 - 20:47 WITA · PUBLIC RELATION · 1,049

A.Nurul Fadilahtul Ukhti, salah satu mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang mendapatkan kesempatan untuk berkuliah untuk satu semester di Ming Chi University of Technology (MCUT), universitas dengan urutan pertama sebagai universitas swasta terbaik di Taiwan menurut THE World University Ranking 2023 dan merupakan universitas dibawah naungan Formosa Plastic Group, salah satu perusahaan terbesar di Taiwan. Mahasiswa yang berusia 19 tahun ini berhasil menerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards edisi Vokasi (IISMAVO) di tahun 2022 yang merupakan tahun ketiganya berkuliah di jurusan Teknik Elektro, program studi D-4 Teknik Multimedia dan Jaringan. Dengan durasi waktu selama empat bulan, Nurul telah mengunjungi berbagai tempat sekaligus mempelajari budaya, teknologi dan perilaku warga lokal sekaligus mendapat teman dari berbagai negara dan berkesempatan untuk bekerja di perusahaan milik salah satu professor di MCUT.

If there’s an opportunity, why not?

MCUT hanya memperbolehkan Nurul mengambil 2 mata kuliah di jurusan yang dipilihnya, Visual Communication Design (VCD) karena hanya mata kuliah tersebut yang merupakan kelas untuk mahasiswa internasional. Untuk memenuhi satuan kredit semester (SKS), Nurul diberi kesempatan untuk mengambil 5 mata kuliah pilihannya di jurusan International for Master Business Administration (IMBA). Total tujuh mata kuliah yang dijalani oleh Nurul disaat mahasiswa lain mengambil 2-3 mata kuliah saja. “Kesempatan mempelajari berbagai bidang dan menjadi multi-jurusan di satu semester tidak datang dua kali,” ujar Nurul.

Dibawah bimbingan professor dari Vietnam, Du Huy Dung, Nurul belajar dua topik penting dalam menjalankan bisnis mikro maupun makro dengan metode yang kreatif sekaligus menantang. Salah satunya ialah pada mata kuliah Marketing Management dimana para siswa dibagi menjadi 5 kelompok dan setiap kelompok mendapatkan satu perusahaan partner dengan misi bagaimana untuk meningkatkan performa marketing perusahaan tersebut dalam satu semester. Nurul mendapatkan partner perusahaan pemilik Artificial Snow (salju buatan), Hotsnow. Pembelajaran memuat study case, group discussion hingga field trip ke berbagai perusahaan termasuk Hotsnow.

Kunjungan Industri dan Pusat Sosial Budaya di Taiwan

Beberapa kegiatan program IISMAVO yang disediakan oleh kampus MCUT antara lain ialah welcoming party, kunjungan ke berbagai tempat ikonik di Taiwan, cultural mandarin class, hingga farewell party. Bersama dengan mahasiswa internasional lain, field trip ini memiliki enam destinasi untuk mengenalkan budaya dan teknologi lokal warga Taiwan. Salah satu kunjungan yang paling berkesan ialah ke Formosa Museum, salah satu perusahaan terbesar di Taiwan. Disana, mahasiswa ini mempelajari sejarah perkembangan grup yang memproduksi polyvinyl chloride (PVC) ini dan produk-produk lain yang berperan besar dalam perkembangan teknologi Taiwan. Selain itu, Nurul juga berkesempatan mengunjungi National Palace Museum untuk mempelajari perkembangan budaya dan sejarah kuno Taiwan. Adapun destinasi lain yang telah dikunjungi Nurul ialah Jyufen Old Street, Sanxia Old Street, Pingxi Shifen waterfall and latern, dan lantai 89 bangunan tertinggi di Taiwan, Taipei 101.

Selain program dari IISMAVO, beberapa mata kuliah juga mengadakan field trip dan industry visit seperti kunjungan ke Gedung perusahaan start up Hour Jungle, observasi dan analisis SCAMPER kekurangan pelayanan di Huaxi night market dan solusi untuk mengatasinya, kunjungan ke pusat penampungan disabilitas dan autism dengan output proyek desain produk untuk para autisme.

“Memperluas relasi merupakan salah satu tujuan saya mengikuti program ini, mempelajari berbagai macam budaya secara langsung sekaligus mendapat teman baru. Tidak peduli betapa sulitnya hal yang akan saya hadapi, jika ada kesempatan saya berusaha untuk tidak melewatkannya,” ucap Nurul.

 

Nurul juga berkesempatan untuk mempelajari budaya lain selain budaya warga lokal berkat beberapa program yang dilakukan MCUT setiap tahunnya seperti International Cultural Night dan You are What you Eat, keduanya merupakan program untuk saling mengenal budaya dari segi seni dan makanan lokal khas negara masing-masing. Nurul dan kawannya juga berkesempatan untuk membawakan lagu daerah dari kota Makassar berjudul Anging Mamiri di event budaya sebagai bentuk penampilan dari perwakilan pihak IISMAVO.

“Kegiatan perkuliahan disini melebihi jauh dari ekspektasi saya. Saya bisa mengenal lebih banyak orang dan berkesempatan untuk mendapat beasiswa dan kerja di perusahaan berkat relasi yang saya jalin dengan professor dan mahasiswa lain. Saya harap teman sekampus maupun junior saya tahun depan bisa ikut kegiatan IISMA edisi Vokasi dan merasakan pengalaman berkuliah di luar negeri juga,”