English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Kolaborasi PNUP, Pemprov Sulteng & Industri Jalin Kerjasama Pembukaan PSDKU, Ini Hasilnya!

01 Dec 2022 - 22:17 WITA · 01 Dec 2022 - 22:29 WITA · PUBLIC RELATION · 1,333

Pertemuan kerjasama triple-helix antara Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Pemerintah Sulawesi Tengah dan berbagai perwakilan industri berhasil melakukan kesepahaman bersama melalui MoU untuk menghadirkan pendidikan vokasi di Palu Sulawesi Tengah. Kegiatan dipusatkan di ruang kerja Gubernur Sulteng Jalan Sam Ratulangi Nomor 101 Palu, Rabu (30/11/2022).

Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura menyambut baik kehadiran direktur PNUP dan tim serta para perwakilan bupati, industri, jajaran Muspida dan para undangan yang menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

"Sulteng itu melimpah SDA namun sangat minim SDM sehingga kehadiran pendidikan vokasi sangat relevan dengan kebutuhan saat ini". Ucap Gubernur Cudi (sapaan akrab) Rusdy Mastura ini 

Lebih lanjut Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menambahkan bahwa selama periode sebagai gubernur maka sektor pendidikan menjadi salah satu perhatian utama karena di dukung oleh industri besar yang ada seperti perusahaan CPM Palu, IMIF Morowali, PT GNI Morowali Utara dan LNG Sinoro Luwuk Banggai.

"Hadirnya PSDKU menjadi tujuan saya diawal untuk pendidikan masyarakat Sulteng" Harapnya penuh semangat

Pemprov Sulteng saat ini memiliki aset kampus politeknik dengan luas lahan 2,9 hektar namun kurang maksimal pengelolaannya sehingga menggandeng PNUP.

"Kehadiran PNUP sebagai kampus utama mempercepat pembukaan PSDKU yang cikal bakal politeknik negeri Palu". Ucap Cudi

Direktur PNUP Ilyas Mansur mengapresiasi niat dan maksud baik pak gubernur membantu mempercepat PSDKU serta penegerian kampus politeknik Palu nantinya.

"Penandatanganan MoU memperkuat kerjasama serta menghadirkan pendidikan vokasi di kota Palu". Harap Ilyas Mansur

Ilyas Mansur juga menambahkan bahwa selain membina PSDKU Kolaka, PDD Bone serta persiapan Bombana dan Nagekeo maka hari ini kerjasama dengan pemprov Sulteng membuka PSDKU menjadi perhatian khusus. Ia yakin dibawah kepemimpinan pak gubernur akan didukung sepenuhnya oleh industri besar yang ada melalui CSR.

"Ini wujud kolaborasi dan kami akan intens percepatan PSDKU Palu". Harap Direktur PNUP 

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Sulteng Yuliawati V Windarrusliana menambahkan bahwa kegiatan ini adalah manifestasi dari pertemuan sebelumnya dengan Direktur terpilih bapak Ilyas Mansur sebelumnya yang diinisiasi sekprov (Rudy Dewanto) dan tenaga ahli gubernur (Dr Rahmad Arsyad) di Kampus 2 PNUP Makassar sekitar bulan Oktober 2022 lalu.

"Perhatian Gubernur Sulteng sangat serius untuk pembukaan PSDKU Palu yang diinisiasi oleh Sekprov dan stafsus Gubernur sebelumnya". Ucapnya ibu Nun (saapan akrab) Kadisdik Sulteng ini 

Narasumber tata kelola PSDKU di sampaikan oleh bapak Tri Hartono LRSC MChem. Dalam pemaparannya Ia menyebut bahwa sesuai Permendikbud Nomor 7/2020 maka ada sejumlah persyaratan konkrit yang harus dipenuhi untuk pembukaan PSDKU, salah satunya ketersediaan lahan gedung, izin dan rekomendasi dari pihak terkait serta penunjang akademik lainnya.

"Melihat kesiapan lahan gedung dan persyaratan lainnya sangat dimungkinkan percepatan untuk pembukaan PSDKU PNUP di Kota Palu". Harap dosen kimia PNUP ini saat menutup presentasinya