English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

KSR PMI Unit 121 PNUP Adakan Donor Darah, ini Kata Sukma Abadi!

17 Oct 2020 - 09:47 WITA · HUMAS · 371

Unit  Kewirausahaan Mahasiswa (UKM)  Korps Suka Rela (KSR)  Palang Merah Indonesia (PMI)  Unit 121 Politeknik Negeri  Ujung Pandang (PNUP) menggelar  kegiatan donor darah bertajuk “Share Hope During Pandemi  With Your blood” yang diselenggarakan di Gedung Poliklinik PNUP pada hari Jumat (16/10).

Kegiatan donor darah ditengah pandemi COVID-19 merupakan kegiatan yang sangat mulia dan luhur, penuh tantangan untuk itu kuncinya ada di protokol kesehatan dan di persiapan baik untuk pendonor maupun petugasnya. Donor darah pada dasarnya dilakukan secara sukarela dan berdasar pada kepedulian terhadap sesama manusia  yang bercermin dari nilai kemanusiaa. Pelaksanaa aksi donor darah dalam kondisi pandemik Covid-19 menerapkan protokol kesehatan yang sesuai prosedur yang ditetapkan Palang Merah Indonesia.

“Mengingat situasi pandemik saat ini kondisi persediaan darah sangat kurang bahkan minim khususnya di kota Makassar,  apabila ada pasien yang membutuhkan darah baik itu dari pihak keluarga, teman dan sivitas akademika PNUP khususnya meminta bantuan kami pihak KSR PMI Unit 121 PNUP sangat kewalahan, sehingga kami berinisiatif melakukan kegiatan donor darah ini di lingkungan kampus, dan kami juga mendapat dukungan penuh dari pihak pimpinan PNUP, sehingga itulah yang menjadi dasar terselenggaranya kegiatan donor darah ini”, ujar Wahyu Lesmana ketua pelaksana.

Salah seorang pendonor, mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi, M.Taufik Wahab, mengatakan bahwa dirinya ikut mendonor semata-mata karena termotivasi untuk menjaga kesehatan dan mengabdi kepada masyarakat dengan menyumbangkan darah bagi yang membutuhkan. “Yang saya ketahui ketika kita rutin mendonor darah tubuh kita akan semakin sehat”. Tmbahnya.

Terselenggaranya kegiatan donor darah ini merupakan agenda rutin dari program kerja UKM KSR PNUP yang tertunda dikarenakan situasi pandemik yang belum tentu kapan berakhirnya, pelaksanaan kegiatan donor darah sebelumnya dijadwalkan selama tiga hari, tetapi karena situasi kendala teknis maka pelaksanaannya hanya dua hari. Pemenuhan kantong donor darah yang tercapai sesuai ketentuan pihak PMI kota Makassar mencapai target 90 kantong.

Sukma Abadi, dosen, anggota senat dan sekaligus pembina PMI Unit 121 PNUP menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran pengurus PMI Unit 121 PNUP, karena untuk kesekian kalinya mengadakan kegiatan serupa baik diluar terlebih dalam lingkungan kampus.

"Memasuki pelaksanaan tahun akademik 2020/2021, kegiatan donor darah dipusatkan di kampus PNUP. kami berharap civitas akademika dan tendik dapat meluangkan waktunya untuk melakukan donor darah sebagai bentuk kepedulian akan persediaan kantong darah di kota Makassar terlebih Sulawesi Selatan pada umumnya." katanya melalui via telepon.

 


@poltek_upg