English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP dan Bank Indonesia Gelar Sosialisasi QRIS

13 Mar 2020 - 18:22 WITA · INSTITUSI · 610

Dalam rangka menyatukan pemahaman serta wawasan pengetahuan tentang Quick Response Indonesia Standard (QRIS), Politeknik Negeri Ujung Pandang bersama Bank Indonesia (BI) menggelar sosialisasi QRIS, Jumat (13/3) di aula lantai 3 kampus I PNUP. Sosialisasi yang ditujukan kepada mahasiswa yang digolongkan sebagai millennial community dihadiri oleh Direktur PNUP , para pembantu direktur, dan para pejabat lingkup PNUP sementara dari BI dihadiri langsung oleh Deputy Direktur Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada sambutannya saat membuka acara, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M. Si., Ph. D., selaku Direktur PNUP mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya sosialisasi tersebut adalah untuk menyampaikan dan menyebarluaskan tentang QRIS sebagai kebijakan baru yang dikeluarkan oleh pihak BI sebagai bank sentral di Indonesia. Diharapkan setelah sosialisasi ini, mahasiswa yang menjadi salah satu sasaran dari QRIS mampu mengimplementasikannya sehingga secara tidak langsung ikut membantu program BI.

Di kesempatan yang sama Deputy Direktur BI Provinsi Sulawesi Selatan, Tjahyadi Prastono, mengemukakan bahwa pihaknya sengaja melakukan sosialisasi sejak tanggal 9 hingga 15 Maret dengan harapan agar mahasiswa mendukung implementasi QRIS yang inklusif dan menyeluruh. QRIS dibuat sebagai pemersatu semua alat pembayaran yang menggunakan kode QR sehingga pembayaran dapat dilakukan lebih sederhana.

QRIS merupakan kebijakan BI yang berkomitmen penuh untuk mendukung pengembangan sistem pembayaran dan memfasilitasi integrasi ekonomi dan keuangan digital di Indonesia. Secara nasional QRIS telah diimplementasikan sejak 1 Januari 2020. QRIS dapat digunakan diberbagai jenis merchant yang tersebar di berbagai pasar tradisional, online market, donasi, tempat ibadah, parkir, dan yang lain.


@poltek_upg