English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Renewable Energy Jadi Bahan Kuliah Umum di PNUP

27 Jun 2019 - 14:41 WITA · HUMAS · 628

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) bekerja sama dengan PT PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan Udiklat Makassar menggelar kuliah umum, Rabu (26/2) bertempat di aula lantai 3 kampus I PNUP. Kuliah umum kali ini mengangkat tema “Renewable Energy dan Tantangannya” yang menghadirkan Agung Bayu Kusomo sebagai narator. Tampak hadir Pembantu Direktur IV, ketua jurusan teknik elektro, ketua prodi D3 teknik listrik, beserta para mahasiswa.

Pembantu Direktur IV PNUP, Fajar, S.T., M. Eng. dalam sambutannya mengatakan kuliah umum seperti itu rutin dilakukan sebagai salah satu implementasi program kelas kerjasama antara PNUP dan PT. PLN (Persero). Untuk itu, dirinya berharap agar para mahasiswa yang hadir mengikuti kuliah umum benar-benar dapat dijadikan sebagai saran untuk menambah wawasan baru yang dapat dikembangkan sdan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Dalam kuliah umumnya di hadapan sivitas akademika PNUP, Agung Bayu Kusumo menyampaikan bahwa renewable energy atau yang lebih familiar dikenal sebagai energi terbarukan merupakan energi yang dapat digunakan secara berulang-ulang atau berkelanjutan sehingga dapat digunakan secara terus menerus. Energi terbarukan dapat bersumber dari energi air, angin, surya, biomassa, atau melalui panas bumi. Saat ini renewable energy merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam upaya mendukung langkah pemerintah menekan pengunaan energi fosil dan PT PLN (Persero) sudah mulai menawarkan renewable energy untuk kebutuhan pelanggan industri.

Dalam mengimplementasikan renewable energy untuk memasok kebutuhan listrik pelanggan PT PLN (Pesero) tentu banyak tantangan yang dihadapi. Salah satunya adalah sumber energinya yang tidak dapat diprediksi. Namun, perkembangan teknologi dalam mengurangi emisi efek rumah kaca dan dampak perubahan iklim semakin menumbuhkan ketertarikan pengembangan energi terbarukan.


@poltek_upg