English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mahasiswa PNUP Dapat Kuliah Umum Revolusi Industri 4.0

28 Mar 2019 - 16:44 WITA · HUMAS · 487

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) bekerja sama dengan PT PLN (Persero) menggelar kuliah umum yang mengangkat tema “Revolusi Industri 4.0” di gedung aula lantai 3 Kampus I PNUP, Kamis (28/3). Kuliah umum yang menghadirkan Executive Vice President Talent Development and Human Capital PT PLN (Persero), Karyawan Aji , sebagai narasumber dihadiri oleh unsur pimpinan, dosen, dan ratusan mahasiswa PNUP.

Direktur PNUP, Ir. Muhammad Anshar, M, Si, Ph.D. dalam sambutannya mengatakan revolusi industri 4.0. adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Untuk itu agar siap berkompetisi era revolusi industri 4.0, setiap lulusan pendidikan vokasi seperti PNUP harus mempersiapkan diri secara maksimal dengan menonjolkan keunikan dan nilai tambah. Kedua hal tersebut menjadi nilai penting sebab di era revolusi industri 4.0 terjadi pengintegrasian antara sistem otomasi dan internet dengan sistem produksi industri sehingga persaingan untuk mendapatkan pekerjaan tentu semakin ketat.

Dalam kuliah umumnya di hadapan sivitas akademika PNUP, Karyawan Aji menyampaikan bahwa tidak dapat dipungkiri tantangan industri dan bisnis semakin besar di mana era disrupsi dan revolusi industri 4.0 menjadikan bisnis dan industri tidak akan sama lagi dalam beberapa tahun mendatang. Saat ini, PLN terus mencari tenaga kerja berkualitas dan memiliki bekal sertifikasi kompetensi mengingat tingginya jumlah kebutuhan tenaga kerja beberapa tahun mendatang. Hal ini tidak lepas dari akan selesainya banyak proyek pembangkit, transmisi, serta infrastruktur ketenagalistrikan lainnya dalam program 35.000 MW. Selain itu juga sebagai komitmen PLN sebagai salah satu BUMN yang berupaya menjadi perusahaan yang mengedepankan inovasi dan future competent untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

Selain memberikan kuliah umum, kedatangan Karyawan Aji dan rombongan ke kampus PNUP juga untuk memberikan pencerahan lagi terkait kerja sama Program Pendidikan D4 Ikatan Dinas yang PT PLN (Persero) lakukan dengan empat perguruan tinggi Indonesia termasuk PNUP. Kerja sama program pendidikan D4 Ikatan Dinas PLN tersebut ditandai dengan penandatangan kesepakatan antara PLN dengan keempat perguruan tinggi yaitu PNUP,  Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Negeri Bandung (Polban), dan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip), yang telah dilakukan di PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Yogyakarta, Senin (25/3/).