English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Prodi D3 Akuntansi PNUP Optimis Raih Akreditasi A

02 Jul 2018 - 11:29 WITA · HUMAS · 1,646

Program Studi (prodi) D3 akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) merupakan salah satu prodi favorit dengan jumlah peminat yang banyak setiap tahun. Sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban akademik terhadap proses belajar mengajar dan output yang dihasilkan, selama tiga hari (1-3/7) dilakukan assesmen lapangan untuk menilai kembali akreditasi prodi D3 akuntansi PNUP yang masih bernilai B. Tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang melakukan visitasi ke PNUP adalah Dr. Ludfi Djajanto, MBA (Politeknik Negeri Malang) dan Marsono, M. Adv., Ak. Akt. (Univ. Diponegoro).

“Rekareditasi sangat penting bagi semua prodi di perguruan tinggi sebab dapat menjadi bahan evaluasi yang selanjutnya dijadikan tolak ukur apakah terjadi peningkatan mutu atau tidak yang tentunya berdampak pada nilai akreditasi yang akan diberikan oleh tim asesor yang melakukan visitasi. Secara langsung juga dapat terukur sejauh mana prodi terus membenahi diri dan memperbaiki kualitas pembelajaran,” demikian dikatakan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., selaku Direktur PNUP, saat menerima tim asesor.

Ditambahkan oleh Ibrahim Abduh sebagai Pembantu Direktur I PNUP yang membawahi bidang akademik bahwa reakrediasi prodi D3 akuntansi merupakan reakreditasi yang ketiga dilakukan PNUP di tahun 2018 dan masih terdapat sejumlah prodi lainnya yang harus direakreditasi hingga akhir tahun 2018 ini. Semua prodi yang menjalani reakeditasi harus menyediakan semua data atau informasi pendukung borang dan bukti lainnya untuk kepentingan asesmen lapangan serta memberikan penjelasan isi borang yang telah disampaikan kepada BAN-PT beserta informasi pelengkap yang dipandang perlu. Berdasarkan persiapan dan kelengkapan yang dilakukan prodi D3 akuntansi, dirinya dapat meraih akreditasi nilai A menyamai prodi S1 akuntansi manajerial yang telah berakreditasi A.

Fokus evaluasi dan penilaian selama dua hari yang dilakukan oleh tim asesor terletak pada standar dan elemen penilaian/parameter berupa evaluasi-diri dan borang prodi dengan mengacu pada beberapa poin standar penilaian seperti mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, dan lain-lain.

Sebagai perguruan tinggi berbasis vokasi, PNUP senantiasa meningkatkan kompetensi mahasiswa agar memiliki nilai jual tersendiri untuk mampu bersaing di tengah persaingan global. Sejumlah kompetensi umum yang dihasilkan alumni prodi D3 akuntansi PNUP adalah lulusan mampu menangani laporan keuangan perusahaan, mengambil keputusan tentang keuangan perusahaan, mengaudit dan merancang sistem akuntansi perusahaan, menangani perpajakan perusahaan, dan menangani kegiatan keuangan baik untuk sektor private maupun publik.

 


@poltek_upg