English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Pimpol dan Expo Wirausaha Warnai Peringatan Hardiknas di PNUP

02 May 2017 - 10:57 WITA · INSTITUSI · 1,094

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 dengan melaksanakan upacara bendera pada Kamis (2/5)  bertempat di halaman kampus I PNUP. Upacara dilaksanakan dengan khidmat yang dihadiri oleh para pimpinan, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa PNUP.

Tahun ini pilihan tema Hardiknas adalah “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi.” Tema ini dipilih untuk menekankan bahwa tibalah saatnya perguruan tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma pendidikan Tinggi agar lebih memperhatikan dampak dari aktivitasnya terhadap pengembangan ekonomi, terutama ekonomi di daerah masing-masing. Denmgan kata lain, perguruan tinggi lebih dapat memerankan diri sebagai agent of economic development disamping sebagai agent of education dan agent of research and development.

Melalui sambutan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Mohamad Nasir, Ph. D. Ak., yang dibacakan oleh Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M. S., disebutkan bahwa ada tiga cara yang dapat dilakukan terkait peningkatan relevansi pendidikan tinggi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Ketiga cara tersebut adalah perguruan tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri, penelitian yang dilakukan perguruan tinggi setelah dipublikasikan dan dipatenkan harus dikerjasamakan dengan industri agar bisa diproduksi dan dipasarkan secara masal, dan yang terakhir adalah kerjasama yang lebih intensif antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah dan industri untuk menyelesaikan masalah riil yang dihadapi masyarakat sekitar perguruan tinggi baik problem terkai produksi, distribusi, maupun teknologi.

Usai memimpin upacara bendera,  Direktur PNUP langsung membuka acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Politeknik (Pimpol) 2017 dan Expo Wirausaha. Kedua acara itu dilaksanakan sebagai rangkaian memperingati Hardiknas yang melibatkan mahasiswa PNUP.  Menurut Drs. Muslimin, M.T., M. Hum., selaku Wakil Direktur III PNUP yang menangani bidang kemahasiswaan, Pimpol 2017 merupakan agenda kemahasiswaan yang selalu dilakukan setiap tahun untuk menumbuhkembangkan serta mengatualisasikan bakat olahraga dan seni serta potensi yang dimiliki oleh mahasiswa serta dapat memperat tali silaturrahmi antarmahasiswa lintas jurusan. Selain itu, menjadi media penyaluran bakat para mahasiswa untuk berprestasi serta sebagai alternatif pengisi waktu dengan kegiatan positif. Pimpol 2017 PNUP yang berlangsung hingga 6 Mei mempertandingkan berbagai perlombaan mencakup olahraga, seni, dan English Olympic.

Kegiatan lainnya yang tidak kalah menariknya adalah Expo Wirausaha yang melibatkan 11 kelompok dari unit wirausaha dan inkubator bisnis PNUP.  Expo Wirausaha digelar untuk menunjukkan hasil karya program mahasiswa wirausaha PNUP yang telah berhasil selama kurun waktu 2014-2016. Dalam Expo Wirausaha yang berlangsung selama  empat hari (2-5/5) ditampilkan berbagai program wirausaha mahasiswa yang telah mandiri dan mampu mengembangkan bisnis sendiri seperti percetakan, makanan, minuman, photography, dll. Upaya ini dilakukan sebagai motivasi kepada kelompok program mahasiswa wirausaha PNUP yang baru akan memulai usaha di 2017.

 

 


@poltek_upg