English | Bahasa Indonesia

Rencana Strategis
09 Dec 2017 - 11:00 WITA · INFORMASI UMUM · INSTITUSI

Kebijakan Politeknik Negeri Ujung Pandang diarahkan untuk mendukung pencapaian sasaran strategis yang sudah dirumuskan sebelumnya sekaligus mengacu kepada kebijakan dan strategis nasional yang secara spesifik untuk lembaga pendidikan tinggi dirumuskan pada kebijakan Kemenristekdikti.

Arah kebijakan Politeknik Negeri Ujung Pandang dan strategi pelaksanaannya untuk :

  1. Meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan dan pengajaran serta daya saing lulusan melalui strategi : evaluasi kurikulum secara berkala, evaluasi PBM dan penghargaan bagi dosen dan mahasiswa berprestasi, pembinaan program akademik seperti : seminar, konferensi, dll., pembinaan akhlak bagi sivitas akademika dan tenaga kependidikan, pembentukan unit pelatihan, pelatihan sertifikasi kompetensi bagi sivitas akademik dan lulusan, pelatihan dan pembinaan paket kewirausahaan bagi mahasiswa, pelatihan life skills bagi mahasiswa, dan menjali kerjasama dengan universitas, pemerintah dan swasta untuk pendidikan, pelatihan dan penerimaan lulusan pada dunia kerja.
  2. Meningkatkan penelitian dan publikasi karya ilmiah melalui strategi : pembinaan penelitian dan penghargaan bagi perolehan penelitian kompetitif, pendanaan untuk menjadi pembicara pada seminar dan konferensi, insentif bagi publikasi jurnal, dan menjalin kerjasama penelitian dengan lembaga lain dan industri.
  3. Meningkatkan kontribusi institusi terhadap penanganan masalah industri dan masyarakat melalui strategi: pembinaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dan penghargaan bagi perolehan PPM kompetitif serta kerjasama penelitian dengan lembaga lain dan industri.
  4. Meningkatkan kualitas kelembagaan dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya melalui strategi: program pelatihan, pemagangan dan sertifikasi kompetensi bagi staf dan penghargaan bagi staf berkinerja terbaik, penerapan sistem pengolaan pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana, serta penerapan sistem penjaminan mutu pengelolaan institusi, promosi dan pemeliharaan lingkungan kampus.

Selanjutnya strategi kebijakan Politeknik Negeri Ujung Pandang ini dirumuskan untuk :

  1. Meningkatkan daya serap lulusan pada dunia kerja.
  2. Meningkatkan lulusan bersertifikasi kompetensi, lulusan berkemampuan wirausaha, perolehan medali dalam berbagai kompetisi antar mahasiswa perguruan tinggi dan jumlah pelatihan kompetensi
  3. Meningkatkan perolehan penelitian kompetitif dan paten, keterlibatan dosen sebagai pembicara dalam seminar dan konferensi khususnya konferensi internasional serta publikasi karya ilmiah khususnya jurnal internasional.
  4. Meningkatkan perolehan penelitian untuk inovasi industri terkait dan pengabdian pada masyarakat untuk pemanfaatan teknologi tepat guna.
  5. Meningkatkan jumlah dosen berkualifikasi S3 dan mengikuti sertifikasi kompetensi dan sertifikasi dosen.
  6. Meningkatkan akreditasi lembaga dan semua program studi mendapatkan akreditasi minimal B.
  7. Mendapatkan predikat pengelolaan lembaga “Wajar Tanpa Syarat”.
  8. Meningkatkan jumlah peminat untuk menjadi mahasiswa.