English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Gelar Workshop dan Expo PBL: Menyongsong Keunggulan Teknologi Fiber Optic dan Energi Terbarukan di Indonesia Timur

06 Dec 2023 - 00:30 WITA · PUBLIC RELATION · 487

Makassar, 5 Desember 2023 - Kolaborasi antara dua Program Studi Politeknik Negeri Ujung Pandang, yaitu Prodi D4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (TRJT) Teknik Elektro dan Prodi D3 Teknik Pembangkit Energi (TPE) Teknik Mesin menggelar Workshop dan Expo PBL dengan tema "Menjadikan PNUP sebagai Pusat Pengembangan Teknologi Fiber Optic dan Energi Terbarukan berbasis Internet of Things (IoT) yang Unggul di Indonesia Timur." Acara tersebut berlangsung di ruang Orchid Lantai 2, Hotel Dalton Makassar pada tanggal 4 Desember 2023.

Sambutan hangat dari Direktur PNUP, Ir. Ilyas Mansur, M.T., membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, Direktur PNUP menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam menjadikan PNUP sebagai pusat pengembangan teknologi Fiber Optic dan Energi Terbarukan berbasis Internet of Things (IoT) yang unggul di Indonesia Timur. Lebih lanjut lagi, harapan Direktur PNUP menjadikan moment event ini sebagai momentum untuk lebih memperkuat sinergi antarbidang, menciptakan inovasi terbaru, dan meningkatkan daya saing PNUP dalam menghadapi tantangan masa depan. 

Agenda berikutnya dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sekaligus Perjajian Kerjasama (PKS) dan Surat Perjanjian Kerja (SPK) antara PNUP dan dengan beberapa mitra seperti PT. Telkom Akses Indonesia, PT.Brilyan Trimatra Utama, PT. Telkom Prima Cipta Certifia dan LSP Telekomunikasi.

Rangkaian acara berikutnya berupa Talkshow yang dibagi menjadi dua panel. Panel pertama membahas "Peningkatan Tata Kelola, Kemitraan, dan Inovasi Pembelajaran di Kampus Merdeka Mandiri," menampilkan tiga narasumber antara lain Dr. Sasono Rahardjo, B.Eng., M.Eng (Badan Riset dan Inovasi nasional – BRIN), Prof. Dr. Yusring Sanusi Baso, S.S., M.App.Ling (Universitas Hasanuddin), dan  Syahrul Mifta Ramadhan (PT Saumata Teknosains Global). Sedangkan panel kedua membahas "Strategi Peningkatan Kesiapkerjaan Lulusan Pendidikan Tinggi Vokasi (PPKL-PTV)” menghadirkan narasumber Rivaldi Mashuri Rahman (PT Telkom Akses Indonesia), Edi Warsito (LSP Telekomunikasi), Ir. Syahruddin Podding, M.M (PT Telkom Prima Cipta Certifia -TPCC), dan Ir. Ikhlas MA Bahar (PT.Brilyan Trimatra Utama).

Setelah workshop, dilanjutkan dengan Expo Project Based Learning (PBL) yang menampilkan presentasi proyek PBL dan demo fitur dari kolaborasi mahasiswa Prodi D4 TRJT dan D3 TPE. Acara ini dihadiri oleh para presentator mahasiswa yang telah melalui seleksi internal dan diisi dengan kegiatan Workshop PBL yang membahas "Model Pembelajaran PBL dan Pengarahan Standar serta Format RPP" oleh ketua kurikulum Prodi D4 TRJT Bapak Ibrahim Abduh, S.T., M.T., dan Prodi D3 TPE Bapak Ir. Laode Musa, M.T.

Sebelum acara ditutup, dilakukan penyusunan instrumen PBL oleh Koordinator Prodi D4 TRJT, Ibu Ir. Sirmayanti, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM., ASEAN.Eng., dan Koordinator Prodi D4 TPE, Bapak Ir. Chandra Bhuana, M.T. Kegiatan ini berakhir dengan harapan bahwa kolaborasi ini akan terus memberikan kontribusi positif bagi perkembangan teknologi dan pendidikan di Indonesia Timur.