English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Teknik Manufaktur PNUP Sumbangkan Mesin Produksi Briket Arang

27 Nov 2023 - 16:52 WITA · PUBLIC RELATION · 441

Makassar, 24 November 2023 - Sebuah langkah signifikan dalam mendukung industri energi terbarukan dilakukan oleh Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) pada Jumat, 24 November 2023. Mesin-mesin produksi briket arang, termasuk Mesin Pengayak, Mesin Penepung (Crusher), Mesin Pengaduk (Mixer), Mesin Pencetak, Mesin Conveyor Pemotong, dan Mesin Pengering (Oven), diserahkan secara resmi kepada CV. Celebes Energi Lestari (CELLS).

Diterima langsung oleh Direktur CELLS, Ahmad Amiruddin, S.T., mesin-mesin ini merupakan hasil kerjasama antara Program Studi D4 Teknik Manufaktur dengan CELLS. Mesin-mesin tersebut bukan hanya produk teknologi, melainkan juga bentuk nyata dari dedikasi lebih dari 20 mahasiswa dan 10 Dosen Pembimbing Teknik Manufaktur PNUP.

Menurut Koordinator Program Studi (KoPS) Teknik Manufaktur, kerjasama seperti ini akan terus dikembangkan sebagai bagian integral dari Program Pengembangan Kerjasama Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dengan Program Studi Teknik Manufaktur. Program studi ini memiliki keunggulan spesifik dalam desain dan pembuatan komponen serta peralatan mesin yang berbasis pada Industri Pertanian dan Perkebunan, Kelautan dan Perikanan, serta Pertambangan dan Energi.

Dr.Ir. Syaharuddin Rasyid, M.T., Ketua Jurusan Teknik Mesin PNUP, menyatakan kebahagiaannya atas hasil karya mahasiswa dalam menciptakan mesin-mesin ini. "Kami berharap mesin-mesin ini dapat meningkatkan produksi briket arang dan memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat, terutama di Sulawesi Selatan. Kami berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan industri lokal dan nasional."

Wakil Direktur 3, Adam Rasid, S.Sos., M.Si., menyambut inisiatif ini sebagai model bagi jurusan-jurusan lain untuk turut berkontribusi dalam pengembangan teknologi dan industri. "Kami berharap kegiatan serupa dapat menjadi inspirasi bagi prodi-prodi lain untuk terlibat dalam upaya serupa guna memajukan industri Indonesia."

Acara serah terima ini juga membuka peluang bagi mahasiswa Teknik Manufaktur PNUP untuk terlibat dalam observasi dan pengembangan mesin di masa depan. Dengan demikian, diharapkan kolaborasi ini tidak hanya sekadar donasi mesin, tetapi juga langkah awal untuk pengembangan teknologi yang lebih baik di masa mendatang.