English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Dengan Evaluator IABEE sebagai Narasumber, PNUP Menggelar Kegiatan Persiapan Akreditasi Internasional

15 Nov 2023 - 08:00 WITA · 15 Nov 2023 - 08:19 WITA · PUBLIC RELATION · 822

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengundang evaluator dari Indonesia Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) untuk berpartisipasi dalam kegiatan Persiapan Akreditasi Internasional PNUP sebagai bagian dari persiapan untuk mengajukan akreditasi internasional.

Para dosen Program Studi Sarjana Terapan Teknik Manufaktur, Ketua Jurusan Teknik Mesin, dan Tim Pusat Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (P3MP) hadir pada Selasa, 14 November 2023, di ruang rapat lantai 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Rusdi Nur, Ph.D., Wakil Direktur 1 PNUP, menekankan bahwa salah satu pengukuran Indikator Kinerja Utama (IKU) adalah akreditasi internasional. Selain itu, disebutkan bahwa kegiatan ini sebagai langkah awal dalam penyusunan Self Evaluation Report. 

Dalam presentasinya, Dr. Eng. Ir. Muralia Hustim, S.T., M.T., IPM.AER, selaku narasumber menyoroti betapa pentingnya melakukan analisis kurikulum berdasarkan Outcome Based Education (OBE) sebelum mengajukan akreditasi internasional melalui IABEE. Ia juga menggarisbawahi betapa pentingnya dukungan dari semua pihak, termasuk mahasiswa, alumni, dosen, asosiasi profesi dan pemangku kepentingan lainnya, selama proses penyusunan instrumen akreditasi.

Melalui pengakuan internasional, Politeknik Negeri Ujung Pandang menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan mendorong semua pihak terkait untuk bekerja sama untuk mencapai standar yang lebih tinggi.