English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mahasiswa PNUP Lolos PIMNAS Ke-36 Tahun 2023 di UNPAD Bandung

08 Nov 2023 - 10:04 WITA · 08 Nov 2023 - 13:10 WITA · PUBLIC RELATION · 970

Makassar, 6 November 2023 - Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) meraih prestasi membanggakan dengan berhasil meloloskan tiga tim mahasiswa dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 tahun 2023. Acara PIMNAS akan diselenggarakan secara luring di Universitas Padjajaran Bandung mulai 26 November hingga 1 Desember 2023. Kabar gembira ini datang melalui pengumuman dan undangan dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudristek, Jakarta, pada tanggal 6 November 2023.

PIMNAS ke-36 tahun 2023 menjadi ajang evaluasi Proposal Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan penilaian kemajuan pelaksanaan PKM (PKP2) tahun 2023. Dari 525 peserta yang berhasil lolos dan diundang, tiga tim mahasiswa dari PNUP mendapat kesempatan emas untuk unjuk gigi.

Ketiga tim mahasiswa tersebut berasal dari jurusan teknik sipil dan teknik kimia. Muhammad Faidil dan Sultan Asiz Parenreng dari jurusan teknik sipil berhasil meloloskan PKM-K dengan judul "Pengaplikasian Beton Bertulang Bilah Bambu pada Jalan Pedestrian di Desa Tellulimpoe" dan "CET: Alternatif Mainan Edukasi Rancang Bangun Konstruksi Sipil untuk Anak." Selain itu, Ahmad Fadhil dari jurusan teknik kimia juga berhasil meloloskan PKM-PM dengan judul "Your Entrepreneur Initiative melalui Transformasi Jerami Padi sebagai Bioetanol dengan Metode Simultaneous Saccharification and Fermentation di Desa Maggenrang."

Rektor PNUP, Ilyas Mansur, mengungkapkan harapannya agar mahasiswa terus meningkatkan kreativitas mereka dan meraih prestasi di setiap kompetisi tingkat nasional dan internasional. "Kami mendukung dan terus memotivasi mahasiswa," katanya.

Ketua Jurusan Teknik Sipil, Dr. Andi Muhammad Subhan, berharap agar tim mahasiswa berhasil melewati setiap tahap kompetisi, mulai dari pendaftaran hingga presentasi. "Mari kita doakan mereka (mahasiswa dan dosen pendamping) untuk tahap selanjutnya," ucapnya.

Ketua Jurusan Teknik Kimia, Drs. Herman Bangngalino MT, berharap mendapat dukungan penuh dari pimpinan dan seluruh civitas akademika PNUP untuk memastikan kelancaran partisipasi mahasiswa dalam kompetisi PIMNAS ke-36 kali ini. "Kami berharap dukungan pimpinan dan seluruh civitas akademika," tegasnya.

PIMNAS ke-36 menjadi peluang bagi Universitas Padjajaran sebagai tuan rumah untuk menunjukkan kualitas dan reputasi universitas kepada dunia luar. Universitas Padjajaran sangat antusias menyambut kehadiran mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dalam kompetisi ini. Rektor Universitas Padjajaran berharap acara ini akan memperkuat citra dan keunggulan Unpad sebagai institusi pendidikan terkemuka di Indonesia.