English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Akselerasi Transformasi Digital dalam Sektor Konstruksi: Tim BIM PNUP Meraih Juara 3 pada Hari Konstruksi Indonesia 2023

03 Nov 2023 - 19:33 WITA · PUBLIC RELATION · 1,058

Makassar, 3 November 2023 - Acara Hari Konstruksi Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran sejak 1 hingga 3 November 2023 telah menjadi panggung prestasi bagi sejumlah tim yang berpartisipasi. Dalam tema "Akselerasi Transformasi Digital Sektor Konstruksi Untuk Mewujudkan Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan," Tim BIM PNUP berhasil meraih posisi juara 3 dalam kompetisi yang berlangsung selama tiga hari tersebut.

Sebagai salah satu sektor yang berkontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, sektor konstruksi telah berperan penting dalam pembangunan infrastruktur di negara ini. Sejak tahun 2015, sektor konstruksi rata-rata memberikan kontribusi sekitar 9,94% terhadap PDB. Pada tahun 2023 ini, sektor konstruksi diharapkan memberikan kontribusi positif yang mencapai Rp 1.124 triliun atau meningkat sebesar 5,78%, sambil menyerap lebih dari 8,7 juta tenaga kerja.

Acara Konstruksi Indonesia 2023 bertujuan untuk terus mendorong pertumbuhan sektor konstruksi di Indonesia. Dalam acara ini, banyak tema menarik dibahas, mulai dari Building Information Modelling (BIM) hingga Internet of Things (IoT). Puncak acara ini diadakan di JIEXPO Kemayoran dan merupakan acara tahunan yang telah diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak tahun 2003.

Selain kompetisi BIM, Konstruksi Indonesia 2023 juga menghadirkan berbagai kegiatan, seperti:
1. National Call for Paper
2. ASEAN Chartered Professional Engineers (ACPE) Forum
3. Kompetisi Tenaga Kerja Konstruksi. Lomba tenaga kerja konstruksi mencakup kategori individu, termasuk pembangunan rumah mini, PL Gedung, Supervisor K3 Konstruksi, dan Juru Gambar Building Information Modelling (BIM). 
4. Lomba Foto & Video yang menjadi bagian menarik dalam rangkaian acara ini.

Tim BIM PNUP, yang meraih posisi juara 3 dalam kompetisi BIM, merupakan salah satu kontingen dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah 6 Makassar. Tim ini dipimpin oleh DR. Andi Muhammad Subhan, ST., MT., yang juga merupakan Ketua Jurusan Teknik Sipil. Ia menyampaikan, "Saya merasa senang dan bangga atas capaian yang kami raih, berhasil membawa pulang juara dan mampu bersaing dengan tim-tim yang ada. Ini adalah hasil dari kerja keras dan komitmen tim BIM PNUP dalam menerapkan teknologi transformasi digital dalam sektor konstruksi. Kami berharap prestasi ini dapat menginspirasi dan mendorong perkembangan lebih lanjut dalam upaya menciptakan pembangunan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia."

Dengan kontribusi yang signifikan dalam sektor konstruksi dan pencapaian juara 3 dalam kompetisi BIM pada acara Hari Konstruksi Indonesia 2023, Tim BIM PNUP menjadi bukti nyata bahwa transformasi digital merupakan faktor kunci dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia.