English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP dan DPC IWAPI Kota Makassar Kolaborasi untuk Mendorong Transformasi Digital UMKM di Kota Makassar

12 Oct 2023 - 16:59 WITA · 22 Oct 2023 - 19:10 WITA · PUBLIC RELATION · 714

Makassar, 12 Oktober 2023 - Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) bersama dengan DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Makassar telah menjalin kemitraan untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pemasaran dan meningkatkan penjualan.

Salah satu tantangan yang dihadapi UMKM, terutama yang dimiliki oleh perempuan, adalah kurangnya kemampuan untuk mengakses pasar digital yang saat ini sedang berkembang pesat. Pemanfaatan teknologi digital dalam transaksi dan pemasaran dapat memberikan fleksibilitas bagi para pengusaha, termasuk ibu rumah tangga, untuk menjalankan bisnis mereka kapan saja dan di mana saja.

Di sisi lain, dalam dunia akademik, perubahan dalam metode pembelajaran menjadi semakin penting. Perguruan tinggi, terutama perguruan tinggi vokasi, semakin banyak mengadopsi metode berbasis proyek (Project Based Learning - PBL) untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi aktif, kreatif, dan mampu berpikir kritis dalam pemecahan masalah yang dihadapi oleh masyarakat atau industri.

Dalam upaya untuk menjawab kebutuhan UMKM di Kota Makassar dalam memanfaatkan teknologi digital, Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Program Studi Teknik Multimedia dan Jaringan (TMJ) di Jurusan Teknik Elektro, PNUP, telah bekerja sama dengan DPC IWAPI Kota Makassar untuk mengadakan kegiatan "Scale Up Bisnis UMKM Kota Makassar." Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dalam metode PBL untuk membuat aplikasi digital yang dapat membantu pelaku UMKM memperluas pemasaran dan meningkatkan penjualan mereka secara online.

Kegiatan ini dimulai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) berdasarkan MOU Tridharma Perguruan Tinggi antara PNUP dan DPC IWAPI Kota Makassar. Sebanyak 33 pengusaha UMKM bertemu dengan 33 kelompok PBL mahasiswa dan dosen fasilitator dalam kelompok kecil untuk berdiskusi dan membahas kebutuhan masing-masing UMKM. Total 167 mahasiswa dan 14 dosen fasilitator PBL terlibat dalam kegiatan ini.

Hasil dari pertemuan tersebut akan diimplementasikan dalam bentuk aplikasi web atau mobile serta video branding selama sekitar 3 bulan. Setelah itu, akan dilakukan peluncuran aplikasi digital UMKM. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Bapak Ir. Ilyas Mansur, ST, MT, selaku direktur PNUP.

Ibu Hj. Isnaeni Ismail, SE, selaku Ketua DPC IWAPI Kota Makassar, menyatakan bahwa kegiatan ini akan membawa UMKM di Kota Makassar ke tingkat yang lebih tinggi melalui pemanfaatan teknologi digital. Ia berharap program ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi UMKM di wilayah tersebut.