English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

SNTEI PNUP 2023 : Menyelidiki Peran AI & IoT dalam Menyelesaikan Masalah Sosial

22 Sep 2023 - 09:25 WITA · 22 Sep 2023 - 09:39 WITA · PUBLIC RELATION · 1,221
Makassar, 21 September 2023 - Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI) ke-10 yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) resmi dibuka di Ballroom Hotel Universitas Hasanuddin (Unhas), Tamalanrea.
SNTEI 2023, yang dihadiri oleh para akademisi dan praktisi di bidang elektro dan informatika, menjadi wadah untuk berbagi pengalaman, mengembangkan inovasi, serta memperluas jaringan kerja. Prof Ahmad Rizal Sultan, Ketua Jurusan Teknik Elektro PNUP, mengungkapkan bahwa acara ini adalah peluang untuk berbagi pengetahuan dalam bidang elektro dan informatika.
 
"Dalam SNTEI 2023, kita berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam bidang elektro dan informatika," ucap Profesor yang juga memiliki latar belakang dalam ilmu sistem tenaga listrik ini.
 
Dalam sambutan pembukaan, Rusdi Nur, Wadir 1 PNUP, mengajak seluruh peserta untuk bersatu dalam mengembangkan potensi di bidang elektro dan informatika. Ia juga menambahkan bahwa acara ini sangat penting terutama karena mendekati dies natalis ke-36 PNUP.
 
Ketua panitia, Dr. Ir. Nurhayati, berharap SNTEI 2023 yang mengusung tema "Teknologi AI dalam Era Society 5.0: Robot dan Peradaban Manusia, Solusi atau Masalah" dapat memberikan solusi dalam pengembangan penelitian dan inovasi di masa depan.
Pembicara pada SNTEI 2023 termasuk Prof Dr Ir Indrabayu, dosen dan ketua departemen teknik informatika fakultas teknik Unhas, serta Dr. Amirullah Anwar, MBA, yang merupakan wakil presiden PT Alita Praya Mitra Jakarta.
 
Moderator acara, Prof Irfan Syamsuddin, menutup acara dengan membahas perlunya kesiapan institusi dan sumber daya manusia terkait dengan perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) di era Society 5.0.
 
"Konsep Society 5.0 adalah tentang teknologi yang berpusat pada manusia dan bekerja sama dengan teknologi AI dan IoT (Internet of Things) untuk mengatasi masalah sosial, baik di dunia maya maupun nyata," ungkap Prof. Irfan, seorang dosen dari Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan PNUP.
Acara ini dihadiri oleh 638 peserta dari 7 perguruan tinggi dan berlangsung secara hibrid (gabungan daring dan tatap muka), serta dihadiri oleh sejumlah pemerhati teknologi di bidang teknik elektro dan informatika.
 
PNUP sendiri akan segera merayakan dies natalisnya yang ke-36 pada tanggal 5 Oktober 2023 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan PNUP, kunjungi www.poliupg.ac.id.