English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

MK Prodi D-4 TKJ: "Cyber Security" menghadirkan Pembicara dari Saudi Arabia

26 Jun 2023 - 10:31 WITA · PUBLIC RELATION · 1,083

Untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa D-4 Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Jurusan Teknik Elektro tentang keamanan informasi khususnya mengenai Kriptografi maka pada tanggal 23 Juni 2023 para mahasiswa TKJ mendapat kesempatan yang sangat berharga untuk mempelajari topik Kriptografi dari Dosen ahli pada level Internasional. Acara kuliah tamu yang merupakan pengayaan materi kuliah ini sangat spesifik karena hanya untuk dihadiri oleh mahasiswa TKJ yang mengikuti mata kuliah Cyber Security. 

Bapak Irfan Syamsuddin, PhD sebagai pengampu mata kuliah Cyber Security ini menerangkan bahwa khusus di tahun 2023 ini, mata kuliah Cyber Security diikuti secara bersama oleh mahasiswa TKJ tahun ke-2 (dengan kurikulum baru) dan mahasiswa tahun ke-3 (dengan kurikulum lama) di Prodi TKJ. Walhasil, kuliah tamu ini dihadiri secara online oleh mahasiswa dari 4 kelas lintas angkatan.

Acara yang bertajuk "Guest Lecture: Mathematics of Cryptography and Traditional Symmetric-Key Ciphers" disampaikan oleh Professor Ahmad Hoirul Basori, Ph.D dari Faculty of Computing and Information Technology, King Abdulaziz University, Saudi Arabia selama kurang lebih dua jam secara online. Dalam paparannya, Professor Ahmad yang sebelumnya juga pernah mengajar di University Teknology Malaysia (UTM) memberikan pencerahan kepada mahasiswa TKJ tentang peran sentral matematika dalam berbagai algoritma kriptografi bergenre simetris yang banyak diterapkan diberbagai aspek.

Di penghujung sesi kuliah tamu ini, mahasiswa turut aktif bertanya tentang peluang dan tantangan membuat dan menghasilkan model algoritma baru untuk kriptografi simetris yang kemudian memperoleh jawaban yang menambah horizon wawasan mahasiswa TKJ yang antusias mengikuti kuliah tamu hingga akhir. 

Sebagai penutup, ucapan terima kasih yang sebesar2nya disampaikan oleh dosen serta para mahasiswa yang hadir kepada Professor Ahmad Hoirul Basori, PhD yang telah berkenan meluangkan waktu dan pengetahuannya dari Saudi Arabia kepada peserta kuliah tamu di Makassar dengan selisih waktu yang cukup jauh yaitu 5 jam.