English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

A. Hasmaniar Mumtazah Merasakan Pengalaman Berkuliah di Korea Selatan melalui program IISMAVO

25 Jan 2023 - 14:01 WITA · PUBLIC RELATION · 1,180

A. Hasmaniar Mumtazah merupakan mahasiswa semester 7 Politeknik Negeri Ujung Pandang Jurusan Administrasi. Dengan berbagai support dari keluarga, teman, dosen dan semua pihak Politeknik Negari Ujung Pandang, A. Hasmaniar Mumtazah bisa mendapatkan pengalaman study abroad melalui program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) Edisi Vokasi di Woosong Univeristy, Korea Selatan.

 

A. Hasmaniar Mumtazah mengambil empat mata kuliah yaitu Understanding Start-Up Business, People and Organization, Business Consulting Skill, dan Korean Beginner. Melalui mata kuliah yang diambil, A. Hasmaniar Mumtazah ambil diajarkan tentang metode pitching yang efektif, menjadi konsultan bisnis, dan memahami perilaku dalam organisasi.

 

Tidak hanya berfokus pada akademik, A. Hasmaniar Mumtazah juga mendapat pengalaman dan kesempatan langsung berpartisipasi dalam kegiatan non-akademik yang diselenggarakan. Salah satu kegiatan non-akademik yang A. Hasmaniar Mumtazah ikuti yaitu Culture Day yang merupakan ajang tahunan yang diselanggarakan oleh pihak Solbridge dimana memberikan wadah bagi setiap negera untuk merepresentasikan budayanya masing-masing. Di tahun 2022, acara Culture Day diselenggarakan ke dalam acara konferensi UCLG Daejeon 2022. Di acara Culture Day ini, A. Hasmaniar Mumtazah dan Awardee IISMA Woosong lainnya serta mahasiswa Exchenge yang berasal dari Indonesia menampilkan tari-tarian yang merepresentasikan budaya Indonesia dihadapan ratusan penonton dari berbagai negara.

 

Melalui kegiatan IISMA, A. Hasmaniar Mumtazah dan Awardee lainnya juga melakukan explore keindahan Korea Selatan. Selama empat bulan mereka berada di Korea Selatan, mereka mengunjungi beberapa kota seperti Seoul, Jeonju, dan Busan. “Senang rasanya bisa melihat langsung berbagai tempat wisata yang dulunya hanya saya lihat di drama korea.” Ucap A. Hasmaniar Mumtazah.

 

Dengan mengikuti program ini, ada begitu banyak pengalaman dan pelajaran baru yang A. Hasmaniar Mumtazah dapatkan. A. Hasmaniar Mumtazah diajarkan untuk beradaptasi dengan cepat, mendapatkan wadah untuk melatih Bahasa Inggris A. Hasmaniar Mumtazah, melatih public speaking, dan tentunya menjadi ajang bagi A. Hasmaniar Mumtazah dan Awardee lainnya untuk memperkenalkan budaya Indonesia.