English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Resmi BLU, PNUP Sosialisasi Dengan Civitas Akademika, Wadir 2 : Kita Cut Off 1 Oktober 2022

18 Oct 2022 - 22:43 WITA · PUBLIC RELATION · 1,353

Setelah resmi berubah status dari satker ke PPK BLU sejak 29 Juli 2022, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melaksanakan sosialisasi pola pengelolaan keuangan badan layanan umum (PPK-BLU) yang dilaksanakan di Aula Kampus 1 PNUP, Tamalanrea Makassar, Jumat (15/9).

Turut hadir secara onsite Direktur PNUP Terpilih Periode 2022-2026, Ir Ilyas Mansur dan beberapa pejabat struktural serta anggota senat.

Direktur PNUP yang diwakili oleh Wadir 1 Ahmad Zubair Sultan PhD dalam sambutannya menyampaikan bahwa tindak lanjut penerapan PK BLU sejak diresmikan 29 Juli 2022 adalah memulai penerapannya di lingkungan PNUP.

"Termasuk usulan statuta dan OTK baru segera terbit, karena akan ada 2 jurusan baru" Tutur Dosen Mesin ini.

Pemateri PPK-BLU oleh Wadir 2 PNUP Dr Sirajuddin Omsa serta dimoderatori oleh Muhammad Sabri Ali MIKom Kepala Perpustakaan BJ Habibie PNUP.

Sirajuddin Omsa memaparkan paling tidak ada 10 tahapan yang harus disiapkan PNUP setelah resmi BLU, ini sosialisasi yang ke lima dan setelah ini kita cut off (memulai perhitungan) pada 1 Oktober 2022 mendatang.

Salah satu contoh fleksibilitas, selama ini penggunaan rupiah murni (RM) tetap kas Negera, namun pendapatan PNBP di setor ke bendahara jadi prosesnya sangat pleksibel.

Kedua, praktek bisnis yang sehat (seperti tarif UKT mahasiswa, sewa gedung) ditentukan sendiri karena tujuan BLU bukan mencari keuntungan, tapi aset kekayaan yang dimiliki bisa produktif. 

"Contoh kita punya gedung auditorium banyak menganggur jadi bisa bermanfaat." Ucap dosen akuntansi ini

Lebih lanjut Sirajuddin Omsa memaparkan bahwa prinsip ekonomi dan produktifitas, dosen dan tendik banyak memiliki sertifikat keahlian namun masih dipakai dan berada dalam lingkungan PNUP.

"Idealnya dosen dan tendik sertifikat keahlian untuk memperoleh pendapatan dari luar sesuai aturan sehingga ada pemasukan buat PNUP". Harapnya 

Pemberian layanan prima dan berkesinambungan, prinsip BLU adalah  perbaikan layanan sehingga pemasukan yang diterima dapat memperbaiki layanan yang dianggap usang (ketinggalan).

"Contoh alat bengkel mahasiswa kurang, maka bisa beli langsung alat tersebut". Ucapnya 

Khusus pelayanan prima ini antara BLU dan reformasi birokrasi (RB) didalamnya ada pelayanan prima agar stakeholder puas dan akhirnya bercerita kepada yang lain (teman, kolega, dan keluarga).

Fleksibilitas, belanja bisa melewati pagu, surplus BLU dapat digunakan tahun berikutnya tarif layanan, SDM dan Profesional (non PNS).

"Mahasiswa bertambah dosen berkurang maka solusinya partimer berdasarkan SKS yang diajarkan". Harapnya

Remunerasi basisnya keadilan, yang dilihat adalah jabatan dan kelas, kinerja (dosen dan tendik berkinerja lebih baik) maka remunerasi dapat lebih, pengadaan barjas dapat buat aturan tersendiri, investasi jangka pendek (10 M dapat diparkir di Bank) maka bunga dapat dijadikan pemasukan, mitra dapat diberi piutang melalui PKS.

"Bahkan dengan PPK BLU  kita bisa kita berhutang ke bank sesuai jumlah PNBP yang kita miliki". Bebernya

Kegiatan sosialisasi PPK BLU juga menyediakan fasilitas link zoom sehingga civitas akademika dapat hadir secara on line untuk mengikuti dan melakukan tanya jawab.