English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mahasiswa PNUP Diberi Pembekalan dan Sosialisasi PMMB

18 Aug 2022 - 11:02 WITA · PUBLIC RELATION · 1,682

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) memberikan pembekalan dan sosialisasi kepada mahasiswa yang akan mengikuti Program Mahasiswa Magang Bersertifikasi (PMMB) 2022 di kampus I PNUP selama dua hari, Jumat-Sabtu (12-13/8). Kegiatan pembekalan dan sosialisasi kali ini menghadirkan pemateri dari Ecc.go.id., yang dilakukan secara hybrid dengan total peserta 365 mahasiswa.

Penanggung jawab PMMB PNUP, Yuliani H.R., S.T., M. Eng., saat membuka acara pembekalan dan sosialisasi menyampaikan kepada mahasiswa PNUP yang akan melakukan magang agar benar-benar memanfaatkan kesempatan berharga ini dengan disiplin serta tetap menjaga nama baik almamater. Kesempatan berharga ini belum tentu akan datang dua kali apalagi untuk bisa lulus terpilih di PMMB butuh perjuangan besar karena harus bersaing dengan ribuan mahasiswa dari perguruan tinggi lain.

Ditambahkan lagi bahwa acara yang mengusung tema “Build Your Public Speaking Skill and Personal Branding on Your Selection Process” sengaja dilakukan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang pentingnya public speaking dan teknik interview dalam meningkatkan kemampuan diri di dunia kerja kelak. Kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan keterampilan dalam menyampaikan ide di hadapan publik.

Materi pembekalan terbagi dua yaitu pemaparan public speaking yang dibawakan oleh Gatia Setya Riani, M.Psi., dan teknik wawancara oleh Rinanti Nur Hapsari, M.Psi. Kegiatan ini bukan hanya sekadar materi, tetapi juga dibagikan berbagai metode belajar seperti praktik, diskusi, dan game edukasi. Pada materi public speaking, mahasiswa diberikan wawasan tentang pentingnya komunikasi, cara mengatasi gangguan komunikasi, dan aspek penting dalam komunikasi mulai dari opening hingga closing. Untuk materi teknik wawancara disampaikan beberapa faktor kegagalan, bagaimana komunikasi efektif saat wawancara, dan beberapa tips agar saat tes tetap percaya diri.

PMMB merupakan program sinergi antarkementerian yang kemudian dilaksanakan secara profesional oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) sebagai perpanjangan tangan yang beranggotakan pengelola dan praktisi manajemen human capital dari berbagai lingkup BUMN. PMMB memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman di BUMN selain sebagai salah satu sarana link and match antara universitas dengan pihak industri. Untuk tahun ini, FHCI membuka 824 lowongan magang.