English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Menuju PK-BLU, PNUP Adakan Sosialisasi

15 Nov 2021 - 13:13 WITA · PUBLIC RELATION · 1,752

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengundang resmi jajaran pimpinan, sivitas akademika, perwakilan tenaga kependidikan (Tendik) serta lembaga kemahasiswaan  untuk sosialisasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) di aula lantai 3 gedung direktorat kampus I PNUP Tamalanrea, Jumat (12/11).

Direktur PNUP, Prof. Ir. Muhammad Anshar MSi PhD dalam sambutannya berharap dengan sosialisasi ini maka segala hal yang menyangkut tentang perubahan status PNUP menjadi PK-BLU tidak gaduh lagi dan menimbulkan keraguan serta multitafsir. Melalui status PK-BLU nantinya dapat lebih meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat serta dapat meningkatkan optimalisasi pemanfaatan aset dengan prinsip nilai efiesiensi, efektifitas, dan produktifitas. “Program strategis Kemendikbudristek ini tidak mungkin menyengsarakan, justru membawa institusi lebih cepat dalam akselerasi pengembangan kampus dan terutama memberi manfaat dan kesejahteraan kepada ASN”, tegasnya disela sambutan.

Menurutnya lagi, setelah menyandang status PK-BLU nanti maka PNUP bertransformasi menjadi perguruan tinggi yang memiliki otonomi dan fleksibilitas dalam mengatur keuangan, pengelolaan asset, serta kesempatan menjalin kerjasama yang lebih luas dengan stake holder. Oleh karena itu, ia mengajak segenap civitas akademika dan tenaga kependidikan PNUP untuk bekerjasama di era tatakelola baru PK-BLU bila sudah ditetapkan secara resmi oleh kementerian keuangan.

Tujuan PNUP menerapkan PK-BLU adalah untuk meningkatkan akses pendidikan melalui peningkatan kapasitas dan kualitas layanan serta penguatan pelaksanaan program dan kegiatan yang berorientasi pada penyediaan lulusan yang link and match dengan kebutuhan industri. Selanjutnya untuk optimalisasi kinerja tri dharma penelitian & pengabdian yang melibatkan mitra, serta melaksanakan proses belajar mengajar yang berorientasi pada, project based, problem based, tematik kewirausahaan dan teaching industry. Tujuan terakhir adalah fleksibilitas dalam menghimpun dan pemanfaatan dana sesuai peraturan.

Sosialisasi dihadiri oleh jajaran pimpinan, sekretaris dan ketua komisi senat, ketua SPI, ketua jurusan, kepala pusat, Tim BLU, perwakilan ketua lembaga kemahasiswaan, serta perwakilan tenaga kependidikan dari berbagai unsur, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di dalam pelaksanaannya. Sebagai narasumber dalam sosialisasi ini adalah Dr. Ir. Basyar Bustan M.T., selaku Ketua Tim BLU PNUP sekaligus ketua komisi B senat PNUP. Motivasi dari narasumber terkait strategi penyiapan satuan kerja menjadi PK-BLU sangat baik sehingga peserta yang semula mempunyai keragu-raguan menjadi tercerahkan dan bahkan mulai semangat dan optimis menuju BLU karena esensi BLU adalah meningkatkan kinerja lembaga dan kesejahteraan.