English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Teman Bus akan Beroperasi di Koridor 3 Kampus PNUP

09 Nov 2021 - 13:32 WITA · PUBLIC RELATION · 2,471

Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) didampingi Wakil Direktur II dan pejabat PNUP lainnya menghadiri rapat koordinasi (rakor) yang dilaksanakan oleh dinas perhubungan. Rakor tersebut untuk merealisasikan program strategis nasional dalam pengembangan angkutan umum massal berbasis jalan di kawasan perkotaan yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan. Rapat yang diadakan di ruang rapat dinas perhubungan Provinsi Sulsel, Selasa (9/11) dihadiri juga perwakilan dari kampus lain seperti PIP, Poltekbang, dan Universitas Islam Negeri Makassar.

Pihak Dinas Perhubungan Propinsi Sulsel, Prayodi, dalam paparannya menyampaikan bahwa program nasional ini telah disepakati sejak 2019 oleh Kemenhub, Pemprov Sulsel, dan Pemkot Makassar. Implementasinya berupa akan segera dioperasionalkannya angkutan "teman bus" dengan sistem layanan buy the service (BTS) di kawasan aglomerasi Mamminasata sebagai tindak lanjut nota kesepahaman antara Kemenhub, Pemprov Sulsel, dan Pemkot Makassar. "Untuk tahun 2020 ini telah digelontorkan 15 milyar dan tahun depan 2022 sebanyak 50 Milyar", ucapnya.

Prayodi menambahkan bahwa fungsi dinas perhubungan Provinsi Sulsel adalah mendorong dan mensukseskan program nasional, melancarkan mobilitas masyarakat, serta meringankan mahasiswa untuk akses sesuai koridor yang ditetapkan nantinya."Kami memberikan pelayanan transportasi yang aman, nyaman kepada masyarakat dan mahasiswa apalagi tarifnya masih Rp.0-", jelasnya.

Direktur PNUP, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph.D., saat rakor berlangsung memberikan saran agar dihadirkan koridor "teman bus" dari kampus satu ke kampus 2 PNUP atau sebaliknya bagi dosen, mahasiswa, dan staf demi mendukung proses belajar mengajar dan kegiatan lainnya. "Kami mendukung program ini, namun yang paling prioritas adalah adanya layanan bus bagi civitas akademika dari dan antar dua kampus yang kami miliki", harapnya.