English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Terpilih Menjadi Akselator Program Menara Vokasi 2021

01 Nov 2021 - 08:47 WITA · PUBLIC RELATION · 3,844

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan dengan terpilih menjadi akselerator Program Menara Vokasi tahun anggaran 2021 bersama empat politeknik lainnya yaitu Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Medan, Politeknik El Bajo Commudus, dan Politeknik Negeri Banjarmasin. Hal ini ditandai penandatanganan kontrak dengan Direktur Kemitraan dan Penyelerasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Direktorat Jenderal Pendidian Tinggi Vokasi (Diksi) Kemendikbudristek yang berlangsung di Hotel Gets Semarang, (28-30/10).

Plt. Direktur Mitras DUDI, Saryadi, S.T., MBA., dalam arahannya saat menutup acara koordinasi penyusunan strategi komunikasi menara vokasi menyampaikan bahwa Diksi meminta kepada lima politeknik yang terpilih melalui proses seleksi proposal dan presentasi untuk mengawal inisiasi ini sebagai pola akselarator yang telah dievaluasi. "Kami ingin membangun sinergitas lebih kuat dengan akselerator agar kemitraan seluruh pemangku kepentingan di masing-masing daerah dapat ditingkatkan", jelasnya.

Dipilihnya politeknik sebagai akselator sejalan dengan tiga pertimbangan dari direktorat jenderal yaitu untuk memastikan aktor lokal menjadi tulang punggung kemitraan dengan dunia usaha dunia industri, satuan pendidikan vokasi secara substansi memiliki ekspertis serta kelebihan bila dibandingkan lembaga lain, serta strategis dari pendekatan hirarki dimana SMK bagian dari Kemendikbudristek, sehingga terkait program pendidikan dapat dengan segera diwujudkan.

"Penunjukkan PNUP sebagai salah satu dari lima politeknik yang dipercaya oleh Dirjen Vokasi untuk melaksanakan program menara vokasi tentunya disambut sangat antusias. Sebagai pimpinan ada rasa bangga tersendiri atas kepercayaan yang diberikan sekaligus memacu semangat untuk dapat menyelesaikan program menara vokasi ini dengan tepat waktu", ucap Prof Ir. Muhammad Anshar M.Si.,Ph.D., selaku Direktur PNUP disela penandatanganan kontrak.

Di tempat yang sama, Wakil Direktur Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi PNUP, HR. Fajar, M.Eng., yang ditunjuk sebagai PIC menara vokasi PNUP untuk Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara berharap tanggung jawab yang diberikan dengan waktu yang sangat singkat dapat dilaksanakan dengan baik. "Waktu yang diberikan untuk tuntaskan program ini kurang lebih 2 bulan (1 Nov-22 Des 2021) sehingga kami berupaya untuk melaksanakan bersama tim", harapnya.

Kegiatan program menara vokasi adalah bentuk perhatian Kemendikbudristek melalui Dirjen Vokasi dalam membantu mengangkat ekonomi masyarakat pada suatu daerah tertentu melalui percepatan (akselerator) dengan melibatkan pihak pemerintah daerah, DUDI, sekolah kejuruan/vokasi, komunitas serta media massa lokal. Secara implementasi tentunya seluruh politeknik yang menerima anggaran ini dapat disesuaikan dengan tata kelola keuangan/APBN serta dapat berdiskusi setiap saat bila ada kendala.