English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Kolaborasi Kemitraan PNUP Bantu Pondok Pesantren Ash-Shalihin

13 Sep 2021 - 14:01 WITA · PUBLIC RELATION · 329

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melalui program kemitraan masyarakat (PKM) melaksanakan dua kegiatan sekaligus yakni instalasi penjernihan air bersih dan pembuatan sumur bor. Kegiatan yang mendapatkan bantuan dari PNUP melalui dana PNBP tahun anggaran 2021 tersebut dilakukan di Pondok Pesantren (Ponpes) Ash-Shalihin Somba Opu Gowa, Sabtu (11/9).

PKM instalasi penjernihan air bersih beranggotakan Abdul Fattah, S.T., M.T., Rizky Hadijah Fahmi, S.T., Nur Ikhsani AY, S.T., M.Eng, dan Trisnawathy, S.T., M.T., sementara untuk PKM pembuatan sumur bor beranggotakan Ir. Akhsan Jamal, M.T., Dr. Andi Muh. Subhan, S.ST., M.T., dan Kushari, S.T., M.T. Kedua tim secara bersamaan melakukan pengabdian dengan program kemitraan masyarakat khususnya ponpes Ash-Shalihin.

"Salah satu hal yang diperlukan oleh ponpes Ash-Shalihin adalah peremajaan instalasi penjernihan air bersih", demikian disampaikan Abdul Fattah saat presentasi kegiatan penjernihan air bersih. Sementara itu, anggota PKM pembuatan sumur bor, Dr. Andi Muh Subhan melihat langsung kondisi ponpes Ash-Shalihin yang tidak memiliki sumur bor sehingga sapras ini sangat mendesak untuk dibuatkan demi memastikan debit air tersedia terus menerus. "Sumur bor itu sangat vital untuk disiapkan karena menjadi alternatif bila kondisi air PDAM tidak mengalir”, ucapnya.

Ponpes Ash-Shalihin sendiri sejak bendiri sampai sekarang telah membina madrasah ibtidaiyah (SD), Madrasah Tsanawiyah (SMP), Madrasah Aliyah (SMA), hingga membina pendidikan kesetaraan dan pendidikan nonformal. Dengan berkembangnya ponpes, sehingga sapras berupa sumur bor dan instalasi air jernih yang dibutuhkan pun harus sedia dan dipelihara. Salah seorang pengurus ponpes Ash-Shalihin, Kafrawy, mengucapkan terima kasih kepada PNUP melalui kegiatan kemitraan.


@poltek_upg