English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

11 Tim PKM PNUP Bersinergi dalam Pembangunan Musala di Maros

12 Jul 2021 - 12:19 WITA · 12 Jul 2021 - 13:33 WITA · PUBLIC RELATION · 609

Rombongan dosen dan tenaga kependidikan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang terbagi ke dalam sebelas tim melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di bawah koordinasi Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) PNUP bertempat di Dusun Massoleang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros pada Ahad, (11/7). Hasil sinergi dari sebelas tim PKM PNUP tersebut diwujudkan dalam bentuk pembangunan Musala Al Muhajirin Wal Anshar yang peletakan batu pertamanya dilakukan pada hari itu juga yang turut dihadiri oleh Bupati Maros, anggota DPRD Sulsel Komisi E, Camat Bontoa Maros, dan tokoh masyarakat setempat lainnya.

Direktur PNUP, Prof. Muhammad Anshar, dalam sambutannya saat melakukan peletakan batu pertama menjelaskan betapa pentingnya membangun musala karena juga merupakan salah satu cara untuk membangun rumah di surga kelak. Hal itulah yang mendasari dirinya bersama tim PKM PNUP yang lainnya untuk mengambil peran dalam pembangunan Musala Al Muhajirin Wal Anshar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Di kesempatan yang sama, A. Muh. Irfan AB, S.T., selaku anggota DPRD Sulsel Komisi E sangat mendukung kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh tim PKM PNUP di Desa Salenrang. Desa tersebut menurutnya memiliki sejarah yang sangat penting karena selain memiliki wisata berupa dinding karst yang cukup dikenal oleh wisatawan dalam dan luar luar negeri juga memiliki lukisan yang tertua di dunia. Melalui pembangunan Musala Al Muhajirin Wal Anshar akan menambah fasilitas ibadah bagi wisatawan yang akan menunaikan shalat.

Mewakili masyarakat Desa Salenrang, Syahrir, selaku kepala desa sangat berterima kasih pada tim PKM PNUP yang tiada hentinya melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi desa yang dipimpinnya. Sebelum pembangunan Musala Al Muhajirin Wal Anshar, tim PKM PNUP juga sudah sering melakukan berbagai kegiatan di tahun-tahun sebelumnya seperti pelatihan keterampilan pengolahan kerajinan tangan dari nipah, pelatihan internet sehat, dan pengadaan pompa air bersih.

Pembangunan Musholah Al Muhajirin Wal Anshar merupakan kelanjutan kerjasama antara PNUP dengan Pemerintah Kabupaten Maros melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) PNUP. Sebelas tim PKM PNUP yang terlibat dalam pembangunan mushollah tersebut turut ambil bagian dalam hal pembuatan embung untuk penyediaan air bersih, pemasangan konstruksi pondasi batu kali bangunan musala, pemasangan konstruksi kolom bangunan musala, pemasangan konstruksi sloof bangunan musala, pemasangan konstruksi atap bangunan musala, pemasangan konstruksi ringbalk bangunan musala, perancangan dan pemasangan instalasi listrik musala, penetapan arah kiblat musala dengan penerapan teknologi GNSS, pemasangan atap dan kubah musala, serta pemasangan sensor navigasi untuk menunjang keselamatan transportasi.

 


@poltek_upg