English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap I untuk ASN dan Tenaga Kontrak

07 Jul 2021 - 10:33 WITA · PUBLIC RELATION · 704

Bekerja sama dengan dinas kesehatan kota Makassar, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 tahap I yang diperuntukkan bagi 468 tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta 89 tenaga kontrak. Acara yang berlangsung sesuai standar protokol kesehatan digelar di aula lantai 3 kampus 1 PNUP, Rabu (7/7).

Direktur PNUP, Prof. Muhammad Anshar, berharap kegiatan ini menjadi bagian ikhtiar dalam mengakhiri pandemi Covid-19. "Pelaksanaan kegiatan vaksinasi tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat bagi yang telah divaksin, karena vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran”, demikian disampaikan olehnya saat meninjau acara tersebut.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh peserta vaksin sebelum mendapatkan penanganan vaksinasi. Langkah pertama adalah melakukan pengisian data diri, setelah sebelumnya peserta mendapatkan informasi jadwal vaksinasi. Kemudian peserta melakukan pemeriksaan awal berupa cek tekanan darah dan dilanjutkan screening kondisi kesehatan. Setelah kondisi kesehatan yang bersangkutan dinyatakan layak untuk menerima vaksin, peserta menunggu sebelum dipanggil masuk ke bilik vaksin.

Setelah selesai divaksin, peserta belum diperkenankan pulang atau meninggalkan tempat karena harus menunggu sampai 30 menit guna melihat reaksi vaksin di dalam tubuh. Setelah dinyatakan tidak ada efek ikutan pascavaksin, peserta diberikan kartu vaksin Covid-19. Kartu tersebut digunakan untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap II.


@poltek_upg