English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Sosialisasi Road Map RBI Siapkan PNUP Menuju PTN-BLU

05 Mar 2021 - 15:49 WITA · PUBLIC RELATION · 506

Bertempat di ruang aula lantai 3 Gedung Direktorat PNUP Kampus 1 PNUP Tamalanrea. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan secara daring dan luring (5 Maret 2021).

Wakil direktur bidang akademik Ahmad Zubair Sultan, Ph.D. dalam sambutannya mewakili Direktur PNUP menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi road map Reformasi Birokrasi Internal (RBI) dan perubahan satker menjadi Badan Layanan Umum (BLU) ini adalah bukti komitmen pimpinan dalam merespon usulan pusat melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan sebagai mandatori dalam meningkatkan indeks kinerja utama (KIU).

"sosialisasi ini untuk mengukur kelemahan kita dalam melihat grand desain yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud agar dapat disempurnakan lebih lanjut" harapnya

Sebelum menutup sambutannya, Wadir 1 juga tak lupa menyampaikan bahwa kita harus memastikan semua proses tahapan terpenuhi mulai dari akreditasi, mutu penjaminan internal/eksternal dengan melihat proses, input dan output/alumni.

"sekarang yang harus kita perhatikan bahwa semua hal yang kita lakukan hari ini adalah bahagian dari proses reformasi birokrasi yang akan berujung pada penerapan PTN- BLU di kampus kita." sambungnya

Pada acara sosialisasi ini,  turut hadir beberapa orang narasumber atau presentasi dari Tim RBI dan Tim BLU dalam memaparkan sosialisasi road map RBI dan Sosialisasi perubahan satker menjadi BLU.

Pada sesi pertama dipaparkan sosialisasi road map RBI yang di pandu oleh ketuanya, Dr. Sirajuddin Omsa. Dalam presentasi nya ketua RBI-PNUP ini menyampaikan bahwa setelah dibentuk Mei 2020 maka tim ini mulai  bekerja dengan mengumpulkan seluruh data dan informasi yang berhubungan dengan road map reformasi birokrasi.

"sejak dibentuk pada bulan Mei 2020, kami langsung bekerja mengumpulkan data sehubungan dengan 8 area perubahan yang masing-masing di manajer oleh 8 orang yang mumpuni." harapannya.

Lebih lanjut, ketua RBI yang sekaligus wakil direktur 2 ini mengharapkan adanya budaya perubahan perilaku terutama kejujuran, kedisiplinan, komitmen, berintegritas untuk mencapai tujuan.

"semua unit di kampus kita mempunyai peran yang sangat penting untuk saling bersinergi satu sama lain dalam mencapai tujuan organisasi/institusi". sambungnya.

Selanjutnya Ir. Zulmanwardi, M.Si selaku Manajer Area Perubahan menyampaikan harapannya agar seluruh ASN meningkatnya komitmen, pola pikir dan budaya kerja dan menurunnya resistensi dari zona nyaman yang dimiliki sebelumnya.

"perubahan yang signifikan pada kesadaran setiap ASN bahwa sebagai abdi negara harus taat dan tunduk pada aturan serta memiliki budaya kerja atau kebiasaan yang lebih baik dari sebelumnya serta menjadi teladan minimal pada diri sendiri dan tempat kerjanya." harapnya

Selanjutnya presentasi berikutnya yang disampaikan oleh manajer area penguatan sistem pengawasan, Yedi George Yefri Lely, M.T. dalam paparannya menyampaikan bahwa ada tiga hal pokok dalam area pengawasan yaitu kepatuhan pelaporan keuangan, efektivitas pelaporan, serta menurunnya penyalahgunaan wewenang di seluruh unit.

"selaku manajer area pengawasan sangat m memahami kondisi riil disetiap unit agar mampu  menerapkan budaya kerja  yang berorientasi kepada kepatuhan, efektivitas, serta tidak menyalahgunakan wewenang." harapnya

Pada sosialisasi sesi kedua, Ketua PTN-BLU, Dr. Basyar Bustan dalam paparannya menyampaikan bahwa selaku ketua BLU maka harapan kita ada kemandirian/kemampuan institusi menyiapkan seluruh perangkat dan persyaratannya.

sesuai target Kemendikbud tahun 2021 maka ada 10 politeknik negeri menjadi BLU, olehnya itu sesuai dengan harapan pimpinan maka PNUP segera berbenah dan melakukan kajian berkesinambungan agar layak menjadi PTN-BLU.

"selaku penanggung jawab PTN-BLU PNUP, maka yang diharapkan dari ujung BLU adalah kesejahteraan, maka semua hal harus dihitung dengan matang agar prinsip ber BLU adalah kesejahteraan."tegasnya

Pada sisi lain Wakil direktur bidang kerjasama, perencanaan dan sistem informasi, HR. Fajar, M.Eng. menyampaikan bahwa kesiapan kemandirian dan kesejahteraan yang menjadi alasan kita ber BLU.

"sebagai unsur pimpinan maka tujuan melakukan BLU untuk kemandirian, kesejahteraan dan menambah kapasitas layanan."

Selanjutnya Wadir 3 ini menggaransi bahwa bila dilaksanakan BLU maka

"Inshaa ALLAH keraguan teman-teman tendik akan kehilangan dan tersendatnya uang tukin bila kita BLU maka saya jawab hari ini untuk menggaransi jabatan saya bila tukin tendik tidak akan hilang atau tersendat pembayaran nya di kemudian hari." tegasnya

Kegiatan sosialisasi kali ini begitu alot serta pro kontra karena banyaknya pertanyaan seputar road map RBI dan perubahan satker menjadi PTN-BLU.

Namun dengan kesigapan menjawab para narasumber sehingga kegiatan sosialisasi kali ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sebelum ditutup oleh wakil direktur bidang 2 menyampaikan permohonan maafnya karena ketidakhadiran direktur PNUP yang lagi dinas diluar kota.

"sebelum saya tutup acara ini, izinkan menyampaikan permohonan maaf direktur yang tidak bisa hadir dalam ruangan ini karena sedang dinas di luar kota."jelasnya.


@poltek_upg