English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mantapkan Rapat Kerja Tahunan 2022, PNUP Hadirkan Kepala Biro Perencanaan Serta Setditjen Kemendikbud

22 Jan 2021 - 10:34 WITA · PUBLIC RELATION · 2,377

Berlangsung di gedung Auditorium kampus 2 Politeknik Negeri Ujung Pandang Moncongloe Maros (Jumat, 22 Januari 2021).

Kegiatan pleno RKT TAHUNAN 2022 PNUP yang berlangsung selama dua hari 22-23 Januari 2021.

Kegiatan RKT tahun ini bertemakan peningkatan kinerja tri dharma perguruan tinggi melalui penguatan program studi dan pengembangan kualitas sumber daya menuju BLU-PNUP
dan dihadiri oleh kepala biro perencanaan dan Sesditjen Kemendikbud serta peserta RKT.

Ketua panitia, Dr. Nur Alam La Nafie, MBA dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang sedianya di laksanakan di hotel namun karena pandemi maka dilaksanakan dalam lingkungan PNUP.

Ucapan terima kasih disampaikan kepada tamu sekaligus sebagai nara sumber dari biro perencanaan dan sesditjen Kemendikbud.

"rangkaian acara ini dihadiri oleh peserta RKT sebanyak 100 orang, karena pandemi maka pelaksanaannya dibagi dua yaitu secara on-line dan on-site. Secara on site dihadiri sekitar 40 peserta dan 20 panitia dan selebihnya diikuti secara on line." jelasnya

Wadir 3, HR. Fajar M.Eng dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan RKT ini karena selain merumuskan program kerja juga karena dilengkapi TOR dan RAB.

Menurut wadir 3 yang juga alumni PNUP tahun 1993 ini menyampaikan bahwa rangkaian rapat yang dimulai sejak 9 Januari 2021 ini rupanya ada beberapa biaya operasional kampus mengalami kenaikan untuk membayar kelebihan jam mengajar dosen (kejam), anggaran PDAM, dan penambahan tenaga non PNS dan usulan PPPK, serta operasional satker menjadi BLU.

"hal ini membutuhkan komitmen kepada masing-masing jurusan agar ada produk atau bisnis plan untuk menyiapkan diri menjadi BLU. anggaran operasional non rutin yang kami butuhkan berkisar sampai 15% sehingga harapan lain yang disampaikan wadir 3 kepada tamu dari Kemendikbud yang hadir.

"mohon ijin kepada bapak kepala biro perencanaan Kemendikbud, di politeknik kami belum merasakan bantuan hibah SBSN untuk pembangunan gedung jurusan sipil dan mesin." pintanya

Direktur PNUP Prof. Ir. Muhammad Anshar dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada tamu Kemendikbud, diantaranya Sesditjen dan Kepala Biro Perencanaan Kemendikbud.

Pada kesempatan ini, Prof Muhammad Anshar menyampaikan perubahan signifikan dua tahun terakhir beberapa ruangan termasuk ruang auditorium, namun biaya maintenance juga perlu dialokasikan dan ditingkatkan.

Harapan Direktur agar apa yang dihasilkan sekarang agar jauh lebih berkualitas khususnya di RKT 2022 serta meminta arahan dari Kemendikbud yang diwakili oleh Dr. M. Samsuri selaku kepala biro perencanaan.

Sebelum membuka acara RKT, Direktur PNUP berharap kepada seluruh peserta RKT agar dapat mengikuti raker ini dengan maksimal agar dapat menyusun program  kerja yang efektif dan efisien.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan Kemendikbud Syamsuri dalam paparannya dengan judul kebijakan penganggaran Kemendikbud (lingkup pendidikan vokasi).

sebagaimana diketahui bahwa anggaran negara kita sebesar 2700 triliun dan khusus untuk dana/anggaran pendidikan sebesar 550 triliun untuk seluruh aktivitas dan fungsi pendidikan di seluruh Indonesia.

Khusus Kemendikbud mendapat alokasi anggaran 81,5 triliun.

 "khusus operasional dan gaji serta tunjungan 20.8 Triliun. Olehnya itu, ada juga pendanaan wajib yang tidak bisa diganggu sekitar 46.7 triliun di dalamnya ada KIP, beasiswa dan lain-lain serta khusus alokasi anggaran pendidikan vokasi sekitar 6 triliun." tegasnya.

Sebelum meninggalkan tempat kepala biro perencanaan Kemendikbud yang sebelumnya menjadi pejabat di Kemenristek Dikti ini menyampaikan harapannya agar satker atau BLU memaksimalkan penguatan politeknik untuk meningkatkan pencapaian tingkat indikator utama (KIU) dimasa yang akan datang.