English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Serah Terima Pengelolaan dan Pemanfaatan Gedung Teknik Kimia PNUP

17 Nov 2020 - 14:50 WITA · 18 Nov 2020 - 15:22 WITA · HUMAS · 128

Berlangsung di lobby utama gedung baru teknik kimia kampus 2 PNUP di Mongcongloe Maros (Selasa, 17 Nopember 2020).

Hadir dalam serah terima ini antara lain jajaran pimpinan PNUP dan jajaran pimpinan BPPW Sulawesi Selatan serta Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya PUPR.

Kepala BPPW Sulawesi Selatan Dr. Ahmad Asiri dalam sambutannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan pembangunan pada peraturan presiden nomor 43 tahun 2019 tentang pembangunan rehabilitasi dan renovasi prasarana dikti dan satker. Gedung ini merupakan salah satu lokus kegiatan penanganan nya. Sebelumnya bangunan gedung ini terhenti dan tahun 2019 dilanjutkan kembali agar dapat menjadikan sebagai lokasi kegiatan vokasi.

Sebelumnya lanjutan pembangunan tahun 2019 oleh tim redesain oleh konsultan dan tim teknis PNUP serta uji struktur terhadap gedung ini dan disimpulkan untuk dilanjutkan pembangunan-nya. Tahun 2019 dikerjakan dengan sistem pendanaan multiyears dimulai pengerjaan nya pada tanggal 15 sept 2019 sampai 15 September 2020 dengan pagu anggaran Rp. 30. 798.550.000 oleh PT. Qirelis Mandiri Jaya.

Adapun luas gedung sebesar 7549 meter persegi dan fasilitas yang dibangun terdiri dari gedung perkuliahan, ruang dosen dan staf. Tambahnya 

Proses pembangunan gedung ini dilakukan dengan waktu yang cukup panjang. Karena adanya covid-19 sedikit mengganggu proses pembangunan. Namun kendala ini dapat kita lewati dengan baik dan buktinya hari ini dapat kita adakan serah terima gedung.

Pada kesempatan ini pula kami ucapkan terima kasih kepada kontraktor pelaksana dan konsultan teknin. Harapan kami gedung ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh civitas akademika PNUP dalam rangka proses belajar mengajar. Terakhir semoga biaya pemeliharaan dapat dialokasikan agar gedung dapat tetap terjaga dengan baik. Mari bersama-sama membangun negeri ini menuju indonesia maju.

Sementara itu arahan Direktur PNUP Prof. Muhammad Anshar melalui sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan gedung baru ini sebagai gedung perkuliahan dan praktikum, laboratorium serta bengkel dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan daya tampung APK PNUP. 

Salah satu arahan Dirjen Dikti dalam membangun SDM berkarakter dan berdaya saing tinggi melalui pendidikan vokasi. pintanya

dari tahun ke tahun animo masyarakat dan kepercayaan terhadap PNUP sebagai tempat untuk studi bagi putra putri nya sangat meningkat. Dengan kehadiran gedung baru maka kita dapat menambah kapasitas daya tampung mahasiswa setiap tahunnya. sebagaimana kita ketahui bahwa selama kuliah mahasiswa melakukan praktek sebesar 60% dan teori 40%. imbuhnya

Tanggung jawab kami selanjutnya adalah mengisi gedung ini berupa sarana kursi dan meja serta menyiapkan anggaran pengelolaan dan pemeliharaan-nya dengan menambah dan merekrut tenaga harian agar dapat terjaga dengan baik. terangnya

kedepan PNUP akan berbenah dan mendukung pendidikan vokasi agar kita menghasilkan tenaga yang terampil dan siap kerja dalam rangka menyiapkan tenaga siap pakai sebagaimana himbauan pemerintah.

Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada dukungan kepala BPPW Sulsel dan jajarannya atas selesainya pembangunan gedung ini.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Prasarana Strategis, Ditjen Cipta Karya PUPR Iwan Suprijanto, dalam sambutannya melalui via zoom menyampaikan bahwa amanah presiden dalam rangka membangun sarana dan prasarana dalam penguatan pendidikan di seluruh Indonesia.

Kami di pupr melalui payung peraturan presiden nomor 3 tahun 2019 hari ini akan kami menyerahkan pengelolaan dan pemanfaatan gedung kepada PNUP.

Upaya penyelesaian kontruksi sempat terhenti beberapa tahun yang lalu. Namun dengan adanya kebijakan baru dan mendukung himbauan pemerintah maka kelanjutan pembangunan gedung ini dapat di laksanakan dengan baik melalui balai BPPW Sulsel dan PNUP yang selanjutnya asset ini dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Semoga pemanfaatan gedung ini selama pengelolaan terjadi kerusakan maka masih menjadi tanggung jawab kami, namun apabila ada kesalahan SOP dalam fungsi nya maka menjadi tanggung jawab pengelola. Imbuhnya

Kami berharap PNUP dapat memanfaatkan gedung baru ini sebaik-baiknya. Dalam akhir sambutannya beliau menyampaikan bahwa semoga PNUP dapat memanfaatkan gedung ini dalam mencetak sdm yang unggul untuk Indonesia maju.


@poltek_upg