English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

WISUDA KE-34 PNUP TAHAP 1 TAHUN 2020

10 Oct 2020 - 17:51 WITA · PUBLIC RELATION · 3,477

Makassar-Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar mengelar pengukuhan wisudawan angkatan 34 di Auditorium Kamkus 2  Politeknik Negeri Ujung Pandang, Moncongloe, Maros. PNUP Makqkqsar mewisuda sebnyak 1150 alumni yang terdiri dari 675 orang lulusan Program Diploma-3 dan 475 orang lulusan Program Sarjana Terapan. 

Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M.Si.,Ph.D mengatakan Kegiatan wisuda ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-33 PNUP yang terdiri dari serangkaian kegiatan seni dan olahraga, kegiatan seminar Nasional SNTEI dan seminar Interaktif dengan Industri dan kegiatan pameran produk Tugas Akhir Mahasiswa. 

"Dalam masa pandemic ini, Kegiatan civitas akademika  mengalami transformasi yang fokus pada kegiatan yang memberi konstribusi terhadap penanganan pandemic termasuk kegiatan penelitian & Pengabdian Masyarakat. Begitu juga dengan perkuliahan, seminar, ujian yang semuanya mesti dilakukan secara dalam jaringan (daring). Masa pandemic ini juga sekaligus menjadi keprihatinan kita dan tantangan alumni PNUP tahun 2020," kata Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Makassar, Prof. Ir. Muhammad Anshar, Sabtu (11/10/2020).

Pada tahun 2019, PNUP meluluskan sebanyak 887 orang alumni dan menurut data tracer study, terdapat 79% yang langsung bekerja dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan. Mengacu ke perjanjian kinerja Direktur, diharapkan tahun ini dengan alumni sebanyak 1150 terdapat 80% alumni yang bekerja, melanjutkan studi ataupun berwirausaha dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan walaupun kelihatannya target ini sangat berat untuk dicapai mengingat kondisi pandemic COVID-19 yang masih berlangsung.

"Dari jumlah total tenaga akademik tersebut, sudah ada 4 orang (1.2%) yang telah bergelar Profesor. Sementara sebanyak 144 orang (45,20%) sudah mempunyai jabatan fungsional Lektor Kepala, serta 107 orang (32.82%) masih mempunyai jabatan fungsional Lektor dan sisanya 27 orang masih asisten ahli serta 40 orang masih CPNS. Yang memiliki gelar doktor telah mencapai 27%. Hal ini diharapkan bisa memberikan konstribusi lebih kepada kegiatan TRIDHARMA Perguruan Tinggi sehingga juga berpengaruh kepada pemeringkatan Politeknik secara nasional yang saat ini berada di peringkat 6 terbaik Politeknik dan Politani Negeri seluruh Indonesia," jelasnya.

Peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran dapat dilihat dari sisi input, proses, dan output. Dari sisi input, perekrutan mahasiswa telah dilakukan sesuai peraturan yang berlaku, dengan tetap mengutamakan kualitas akademik calon mahasiswa baru. Tingginya minat calon mahasiswa dalam kurun waktu lima tahun terakhir menyebabkan terjadinya kenaikan persentase keketatan persaingan sebesar 1,87%.  Dengan demikian PNUP akan selalu berharap mendapatkan kualitas input mahasiswa yang lebih baik seiring dengan meningkatnya  persentase keketatan persaingan tersebut.

"Untuk meningkatkan kualitas dan daya saing, PNUP memperluas kolaborasi hingga level international. Kerangka untuk kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyrakat telah diwujudkan melalui beberapa MoU dengan universitas luar negeri. Bersama Singapore Polytechnic, PNUP telah melaksanakan 6 batch kegiatan pengabdian masyarakat dan Pendidikan untuk mahasiswa. Bentuk kegiatan berupa Social Project Innovation di desa binaan PNUP. Mahasiswa asing dan mahasiswa PNUP melakukan project social berbasis inovasi dibawah bimbingan beberapa fasilitator Singapore Polytechnic dan PNUP yang telah tersertifikasi international. Program Pendidikan International  Double Degree  telah dilaksanakan atas Kerjasama dengan MSU University Malaysia," terangnya.

Kepada orang tua wisudawan, mengucapkan selamat atas keberhasilan putra putrinya dan terima kasih telah mempercayakan Politeknik Negeri Ujung Pandang sebagai tempat pendidikan putra putrinya. Ia menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat hal– hal yang kurang berkenan selama proses pendidikan di Politeknik Negeri Ujung Pandang dan kami juga terbuka menerima saran dan masukan membangun dari orang tua mahasiswa demi perbaikan proses pendidikan yang ada di kampus yang kita cintai ini.

"Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada unsur Pimpinan Politeknik, Pimpinan Jurusan/program studi, beserta seluruh staf pengajar, administrasi dan teknisi PLP atas penyelenggaraan pendidikan sehingga para wisudawan/wati ini dapat menyelesaikan studi sesuai waktunya," tutupnya.

Total wisudawan/wati adalah sebnyak 1150 alumni yang terdiri dari 675 orang lulusan Program Diploma-3 dan 475 orang lulusan Program Sarjana Terapan. Jurusan Mesin (dengan jumlah 224 wisudawan) dan Administrasi Niaga (dengan jumlah 143 wisudawan)     Hari kedua wisuda jurusan Sipil (dengan jumlah 155 wisudawan) dan Jurusan akuntansi (dengan jumlah 178 wisudawan ) serta dihari ketiga adalah Jurusan Elektro (dengan jumlah 307 wisudawan) dan Jurusan Teknik Kimia (dengan jumlah 119 wisudawan).