English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

JURUSAN AKUNTANSI PNUP TEROBOS 26 LOKASI KUNJUNGAN INDUSTRI

03 Mar 2020 - 09:17 WITA · 04 Mar 2020 - 16:37 WITA · HUMAS · 1,237

Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengadakan kunjungan industri ke 26 Perusahaan dan Instansi Pemerintah di wilayah kota Makassar dan Maros. Senin (02/03/2020). Kunjungan industri ini telah berlangsung sejak 17/02/2020, di beberapa perusahaan dan instansi pemerintah. Akhir agenda kunjungan dijadwalkan pada 04/03/2020, yaitu mengunjungi industri PT. KIMA dan PT. IKI.

Dari 24 perusahaan besar yang telah dikunjungi diantaranya adalah, PT. Telkomsel, PT. PLN, PT. Polindo, Perum Bulog, PT. Wijaya Karya Beton, PT. Angkasa Pura Supports, PT. Eastern Pearl Flour, PT. Pokphand, PT. Bank Sulselbar, dan PT. Bank Mega. Untuk kunjungan ke instansi pemerintah telah dilaksanakan kunjungan ke BPKP Sulsel, BKN Sulsel, Perum Damri, KPPN, dan kantor Bupati Maros.

Hasil kunjungan menunjukkan bahwa perusahaan dan instansi pemerintah sangat merespon postitif gagasan jurusan Akuntansi PNUP untuk bekerjasama terkait PMMB (Program Magang Mahasiswa Bersertifikat), RPL (dosen industri), beasiswa, pembukaan kelas khusus untuk industri, dan assei kompetensi bagi karyawan perusahaan.

Ketua Jurusan Akuntansi, Dr. Sirajuddin Omsa, SE., M.Ed., Mgmt, menjelaskan bahwa selain menggagas kerjasama dengan industri/instansi, kunjungan industri tersebut juga dilakukan monitoring terhadap mahasiswa jurusan Akuntansi yang sedang melaksanakan PKL/KKN-P. Jumlah mahasiswa D3 Akuntansi yang sedang PKL sebanyak 92 orang, dan mahasiswa D4 Akuntansi Manajerial  sebanyak 95 orang, total mahasiswa yang sedang melaksanakan PKL/KKN-P sebanyak 187 orang. Dosen dan staf serta teknisi juga terlibat dalam kunjungan industri ini, terdiri dari 45 orang, yang dibagi dalam 6 zona lokasi kunjungan, dimana tidak semua perusahaan tempat PKL/KKN-P dapat dikunjungi oleh Tim Kunjungan Industri Jurusan Akuntansi disebabkan keterbatasan waktu.

Pembantu Direktur IV, Fajar, S.T., M.Eng., mengatakan, “Saya sangat mengapresiasi effort yang dilakukan oleh jurusan Akuntansi dalam melakukan kunjungan industri ini dan akan saya jadikan role mode bagi jurusan lain yang ada di PNUP, terimakasih pak Kajur Akuntansi yang telah menginisiasi kegiatan kunjungan industri dalam skala yang lebih luas”.

Ketua Program Studi D4 Akuntansi Manajerial, Andi Abdul Azis Ishak, S.E., M.Com.Ak., juga menuturkan bahwa tujuan dari kunjungan industri Akuntansi PNUP tahun 2020 ini adalah sebagai penyiapan bahan dokumen borang program studi.

"Hasil kunjungan industri Akuntansi PNUP 2020 akan difollow up dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara jurusan Akuntansi PNUP dengan industri/instansi pemerintah", pungkas Ketua Program Studi D3 Akuntansi, Fatmawati, S.E., M.Si. Ak.

 

 


@poltek_upg