English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJA SAMA PEMBUKAAN PSDKU PNUP DI KOLAKA

15 Feb 2020 - 23:01 WITA · 17 Feb 2020 - 13:26 WITA · HUMAS · 226

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengadakan penandatanganan perjanjian kerja sama pembukaan Program Studi di Luar Kampus Umum (PSDKU) PNUP di Kabupaten Kolaka, di ruang Rapat Kampus 1 PNUP, Sabtu (15/02/2020).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh para tamu penting, yaitu Bupati Kabupaten Kolaka (H. Ahmad Safei, S.H., M.H.), Kepala DPRD Kabupaten Kolaka (H. Zainal Amrin, S.E., M.H.), Asisten 2 Kabupaten Kolaka (H Mustajab, S.E., M.Si.) Kaban Litbang (Dr. Akhmad Yani), Kadis Dikbud (Salamansyah), Kabag Pemerintahan (Arifin Jamal), Kabag Humas (Ir. Andi Abbas Nuhun), dan Sek Balitbang (Dr. H Suherman, S.Ag., M.M.). Selain itu juga hadir para pimpinan dan jajaran PNUP termasuk ketua program studi kerja sama PSDKU PNUP di Kolaka, prodi D4 Akuntansi dan prodi D3 Teknik Konversi Energi.

Direktur PNUP, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M.Si. Ph.D. Menyampaikan penghargaan terhadap komitmen PEMDA Kolaka dan dukungan DPRD terhadap program dari Bupati Kabupaten Kolaka dan jajarannya. Direktur PNUP juga menyampaikan pembicaraan awal mengenai kerjasama Tri Dharma antara PNUP dan Balitbangda Kolaka agar dapat ditindaklanjuti secara nyata, terutama kerja sama mengenai aplikasi teknologi tepat guna untuk membantu masyarakat Kabupaten Kolaka diberbagai bidang, seperti bidang pertanian, perkebunan dan perikanan serta UKM/industri rumah tangga.

Bupati Kabupaten Kolaka, H. Ahmad Safei, S.H., M.H. Menyampaikan bahwa potensi industri dan potensi lain-lain harus dikelola oleh SDM Kolaka sendiri sehingga pemberdayaan masyarakat dapat terjadi dan konstribusi terhadap kemajuan daerah bisa lebih besar. Bupati juga berharap semoga PKS ini menjadi titik awal agar harapan Bupati dan warga Kabupaten Kolaka dapat terealisasi sehingga perkuliahan dapat segera dimulai tahun ini, apapun nama atau bentuk pengelola apakah PSDKU, Politeknik atau bentuk lain. Selain itu, Bupati juga berharap agar kedepannya prodi lainnya, seperti prodi perhotelan, kesehatan dan konstruksi sipil juga dapat dibuka setelah 2 prodi (D4 Akuntansi dan D3 Teknik Konversi Energi) telah disetujui.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Kolaka, H. Zainal Amrin, S.E., M.H. Menyampaikan baru 4 bulan menjabat sebagai ketua DPRD tetapi tidak ada alasan untuk tidak mendukung program PEMDA bahkan akan mensupport dari segi regulasi. Warga lain juga sangat berpotensi menjadi mahasiswa terutama Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kolaka yaitu Kolaka Timur, Kolaka Utara  dan Bombana. Selain itu, industri besar terus berkembang sehingga membutuhkan SDM yang memiliki kompetensi dan hanya bisa dihasilkan oleh pendidikan vokasi, ini menjadi kesempatan besar bagi PT Vale yang berencana akan membangun mulai tahun 2020 seluas 22.000 Hektar di daerah Pomalaa dibanding PT Antam yang hanya mengelola 8.000 Hektar dengan 3 lokasi pabrik. Ketua DPRD juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan harapan yang sama agar PSDKU PNUP di Kabupaten Kolaka dapat terwujud dan berkembang dalam 5 tahun kedepan.


@poltek_upg