English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

MoU Tri Dharma Perguruan Tinggi antara UI dengan PNUP Dirangkaikan dengan Kuliah Umum

23 Jan 2020 - 18:15 WITA · 27 Jan 2020 - 14:44 WITA · HUMAS · 234

Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengadakan kegiatan Penandatanganan MoU Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Departemen Teknik Kimia, Jurusan Teknik, Universitas Indonesia (UI) yang dirangkaikan kegiatan Kuliah Umum, di ruang Aula Lt. 3 kampus 1 PNUP, Rabu (22/01/2020).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur PNUP, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph.D. dan Ketua Departemen Teknik Kimia, Jurusan Teknik, UI, Prof. Dr. Ir. Asep Handaya Saputra, M.Eng. yang disaksikan pula oleh Pembantu Direktur IV PNUP dan Ketua Jurusan Teknik Kimia, Drs. Herman Bangngalino, M.T. serta seluruh dosen, staf  dan mahasiswa Jurusan Teknik Kimia.

 “Kami berharap ke depannya PNUP mampu menjadi University of Applied Science dan menjadikan dosen PNUP mampu mencapai target 50 persen bergelar Doktor, pungkas Direktur PNUP dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Departemen Teknik Kimia, Jurusan Teknik, UI, Prof. Dr. Ir. Asep Handaya Saputra, M.Eng, mengaku siap menjalin kerja sama dengan mahasiswa, dosen, dan civitas akademika PNUP untuk dapat mengikuti program pengembangan SDM di UI.

Seluruh peserta juga sangat antusias dalam kegiatan kuliah umum yang dipandu langsung oleh Ketua Departemen Teknik Kimia, Jurusan Teknik, Prof. Dr. Ir. Asep Handaya Saputra, M.Eng. dengan mengambil tema Komposit Matriks Polimer untuk Industri Kimia. “Dalam disiplin ilmu keteknikan khususnya dalam bidang ilmu teknik kimia, ilmu bahan sangat diperlukan dalam pemilihan material atas dasar pertimbangan dari nilai bahan yang ekonomis dan performanya untuk mengerti keterbatasan material dan propertinya serta untuk menciptakan meterial baru yang dapat memberikan properti yang lebih baik (seperti respon bahan terhadap keadaan lingkungan seperti korosi, dan sebagainya) sehingga mudah dalam penanganannya dan sesuai dengan kebutuhan manusia.” tuturnya dalam membawakan materi kuliah umum.


@poltek_upg