English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Unit CCTS PNUP Lakukan Kunjungan Pemantauan PMMB 2019 PT BKI

16 Dec 2019 - 14:46 WITA · 16 Dec 2019 - 14:47 WITA · HUMAS · 854

Unit Career Centre and Tracer Study Politeknik Negeri Ujung Pandang (CCTS-PNUP) melakukan kunjungan pemantauan peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) 2019 di PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Batam. CCTS-PNUP melakukan kunjungan selama 2 hari, Jumat-Sabtu (13-14/12).

Menurut Yuliani, H.R., M. Eng., selaku Kepala Unit CCTS-PNUP, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mendapatkan input sejauh mana perkembangan dan kemajuan yang telah diperoleh mahasiswa PNUP peserta PMMB 2019 yang ditempatkan di PT BKI Batam. Selain itu, PNUP sebagai pihak kampus pengirim mahasiswa magang juga memperoleh umpan balik terkait pengembangan kurikulum yang harus dibuat selaras dengan kebutuhan dunia industri.  Saat ini tercatat 3 mahasiswa PNUP dari jurusan akuntansi yang mengikuti PMMB 2019 di PT BKI Batam selama 6 bulan.

Di PT BKI Batam, tim CCTS-PNUP diterima langsung oleh penanggung jawab PMMB 2019, Monaf Masse, S. Kom., yang juga menjabat sebagai manajer administrasi dan keuangan. Di kesempatan tersebut dirinya menyampaikan bahwa secara umum mahasiswa PNUP peserta PMMB 2019 di PT BKI Batam sudah mampu dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan di unit kerja penempatan masing-masing. Ditambahkan lagi bahwa memang tidak dapat dipungkiri bahwa para mahasiswa magang peserta PMMB 2019 masih memiliki rasa canggung saat pertama kali merasakan langsung bagaimana dinamisnya dunia kerja karena hal tersebut baru pertama kali dirasakan.

Selain melakukan pemantauan peserta PMMB 2019, unit CCTS-PNUP juga berkesempatan mengunjungi laboratorium uji mekanis yang dimiliki PT BKI Batam.  Di laboratorium tersebut terdapat sejumlah mesin peralatan yang tidak jauh berbeda dengan yang terdapat di kampus PNUP. Dari hasil kunjungan ke laboratorium uji mekanis tersebut, unit CCTS-PNUP dan PT BKI Batam akan menjajaki kemungkinan kesempatan bagi mahasiswa teknik kimia, teknik mesin, dan teknik elektro PNUP yang ingin melakukan praktik kerja lapangan di PT BKI Indonesia. Jurusan tersebut dianggap relevan mengingat kegiatan klasifikasi di PT BKI merupakan kegiatan penggolongan kapal berdasarkan konstruksi lambung, material, mesin, dan listrik kapal dengan tujuan memberikan salah satu penilaian atas laik laut sebuah kapal untuk berlayar.


@poltek_upg