English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

B. J. Habibie Abadi sebagai Nama Perpustakaan PNUP

12 Sep 2019 - 15:37 WITA · HUMAS · 662

Kesedihan mendalam dirasakan oleh segenap sivitas akademika dan tenaga kependidikan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) atas wafatnya Presiden ke-3 Republik Indonesia, Prof. Dr. Ing. H. B.J. Habibie, Rabu (11/9). Kesedihan tersebut sangat beralasan mengingat  selama ini terjalin kedekatan emosional antara B.J. Habibie dengan segenap sivitas akademika PNUP yang telah mengabadikan namanya menjadi nama perpustakaan di PNUP sejak 20 Mei 2007.

Menurut Salmubi, S. Sos, S.S., M.I.M., selaku Kepala UPT Perpustakaan B. J. Habibie PNUP bahwa pengabadian nama B. J. Habibie sebagai nama perpustakaan PNUP sebagai salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan atas ketokohan beliau yang telah mempersembahkan karya gemilang dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikenal hingga pentas internasional. Inspirasi lainnya adalah sebagai usaha untuk menumbuhkan semangat intelektual generasi muda dengan meneladani kepribadian B. J. Habibie yang tak kenal lelah untuk menguasai ilmu pengethauan dan teknologi.

Dirinya juga menambahkan bahwa di perpustakaan yang dipimpinnya sudah lama tersedia Habibie Corner yang menyediakan berbagai sumber informasi tentang Presiden ke-3 Indonesia itu termasuk koleksi 80 buku khusus tentang B. J. Habibie. Setelah kepergian B. J. Habibie, ruang Habibie Corner di perpustakaan PNUP akan berfungsi sebagai museum mini yang menyediakan dokumen, foto, dan benda-benda lain yang bernilai sejarah yang berhubungan dengan sosok almarhum B. J. Habibie.

Sebagai tanda duka atas wafatnya Presiden B. J. Habibie, para mahasiswa yang datang ke perpustakaan B. J. Habibie, Kamis (12/9) dipasangkan pita hitam di lengan kanan. Mereka  memakainya selama berada di dalam perpustakaan. Selain itu dilaksanakan juga shalat gaib di Masjid Ulil Al Baab PNUP.

Saat ini, koleksi buku di perpustakaan B. J. Habibie PNUP selalu dilakukan pemutakhiran yang relevan dengan program pendidikan dan pengajaran di PNUP dengan tetap berorientasi pada kebutuhan para pengguna.  Sistem layanan perpustakaan B.J.Habibie PNUP antara lain berupa layanan penyediaan sumber-sumber informasi, layanan peminjaman koleksi, penyediakan layanan internet dan layanan lainnya. Sebagai jawaban atas perkembangan teknologi informasi, perpustakaan B.J.Habibie PNUP telah merintis dan mengembangkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi melalui penyediaan sumber informasi yang mutakhir dalam format yang beragam dan penyediaan infrastruktur teknologi untuk akses informasi secara cepat.

 


@poltek_upg