English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Terima Mahasiswa Program Beasiswa D3 Afirmasi Asli Papua

23 Jul 2019 - 11:37 WITA · HUMAS · 699

Sebanyak 20 mahasiswa yang merupakan Orang Asli Papua (OAP) berkesempatan untuk mengenyam pendidikan di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Mereka merupakan putra-putri asli Papua yang lulus sebagai mahasiswa kelas ikatan dinas program beasiswa D3 afirmasi yang terselenggara atas kerjasama PNUP dan PT PLN (Persero). Mahasiswa dari Papua tersebut diterima dan disambut langsung oelh Direktur PNUP beserta jajarannya di Kampus I PNUP, Senin (22/7).

Dalam sambutannya Direktur PNUP, Prof. Ir. Muhammad Anshar, Ph. D., mengungkapkan bahwa kesempatan yang berharga ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh keduapuluh mahasiswa yang berhasil lulus masuk ke kelas ikatan dinas yang diinisiasi antara PNUP dan PLN melalui program beasiswa D3 afirmasi. Hal tersebut membuktikan bahwa pemerintah memang berkeinginan untuk menjadikan pendidikan sebagai hak bagi setiap anak bangsa tanpa memandang letak geografis.

Program beasiswa afirmasi dirancang untuk memberi kesempatan para pelajar yang merupakan oran asli Papua dan daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T) dalam meraih pendidikan tinggi. Program afirmasi giat digencarkan sejak dirilis 2012 lalu. Program ini bertujuan memberikan kesempatan kepada putra-putri asli Papua lulusan SMA sederajat yang berprestasi akademik baik, untuk memperoleh pendidikan tinggi di PTN sebagai upaya menyiapkan sumber daya manusia putra-putri asli Papua yang berkualitas untuk berkontribusi dalam pembangunan nasional

Melalui program beasiswa afirmasi diharapkan menjadi jembatan bagi putra-putri asli Papua yang berprestasi secara akademik untuk melanjutkan pendidikan tinggi sehingga nantinya akan menjadi generasi muda yang berkualitas yang mampu membanggakan bangsa.


@poltek_upg