English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Dorong Percepatan Karier Dosen

09 May 2019 - 14:31 WITA · HUMAS · 793

Dalam rangka mendorong percepatan karier dosen menuju jenjang lektor kepala dan guru besar, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar bimbingan teknis (bimtek) “Percepatan Jabatan Fungsional Lektor Kepala dan Profesor, Kamis (9/5) bertempat di kampus I PNUP. Bimtek sehari ini menghadirkan nara sumber Prof. Bunyamin Maftuh, M. A., yang saat ini menjabat sebagai Direktur Karier dan Pengembangan SDM Kemenristekdikti. Peserta bimtek umumnya merupakan para dosen doktor dan lektor kepala lingkup PNUP serta undangan lainnya .

 “Bimtek ini bertujuan untuk menambah referensi informasi dan memberikan edukasi tentang bagaimana sistem penilaian angka kredit serta kiat-kiat untuk melakukan kenaikan jabatan yang lebih cepat,” demikian disampaikan Prof. Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph.D., selaku Direktur PNUP saat membuka bimtek tersebut. Selain itu, melalui bimtek ini diharapkan para dosen yang telah bergelar doktor dan memenuhi syarat mengajukan permohonan sebagai guru besar agar termotivasi untuk menyegerakan meraih gelar profesor.

 

Direktur Karier dan Pengembangan SDM Kemenristekdikti melalui pemaparannya menjelaskan bahwa Kemenristekdikti selalu menerima banyak sekali pengajuan kenaikan jabatan untuk jenjang lektor kepala dan guru besar, tetapi tidak semuanya bisa serta merta langsung diterima karena terkendala sejumlah aturan dan persyaratan. Umumnya, persyaratan yang paling sering menjadi penghambat adalah penulisan artikel di jurnal ilmiah bereputasi internasional. Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada para dosen untuk meningkatkan produktivitas di bidang kepenulisan sehingga bisa menghasilkan karya ilmiah yang memenuhi kualifikasi untuk dimuat di jurnal ilmiah internasional.

 

Selain kendala jurnal ilmiah yang bereputasi internasional, kendala lain yang sering terjadi adalah pilihan program studi doktor yang tidak linear atau penelitian yang tidak sesuai pada bidang keilmuan program studi. Dirinya berharap agar hal-hal seperti itu sebisa mungkin tidak terjadi. Dalam kesempatan itu, dipaparkan juga sejumlah faktor lain seperti penunjang kegiatan akademik dosen, pengabdian kepada masyarakat, dan keterampilan dosen dalam mengelola sistem pembelajaran dan keterampilan. Semua hal tersebut menjadi satu kesatuan yang harus dipenuhi untuk mempercepat pengembangan karier dosen menuju lektor kepala dan guru besar.

 

 


@poltek_upg