English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Perdana, PNUP Buka Pendaftaran Program D4 Ikatan Dinas PLN

01 Apr 2019 - 14:19 WITA · HUMAS · 2,847

Ada yang sedikit berbeda pada penerimaan mahasiswa baru kelas kerja sama Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dan PT. PLN (Persero) untuk tahun akademik 2019/2020. Jika pada tahun-tahun sebelumnya PNUP hanya membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru kelas sama PLN untuk program studi (prodi) D3, mulai tahun ini PNUP untuk pertama kalinya akan membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru kelas sama PLN prodi D4 atau setara denga S1 terapan.

Pendaftarannya sendiri hingga proses seleksi akan dibedakan untuk prodi D3 dan D4. PNUP akan mulai membuka pendaftaran terlebih dahulu untuk prodi D4 pada 1-13 April. Setelah itu menyusul pendaftaran untuk prodi D3 pada 15 April hingga 1 Mei. Untuk tahun ini, PNUP hanya akan menerima satu kelas atau sekitar 25 calon mahasiswa baru kelas kerja sama program studi D4 teknik listrik .  Sementara untuk prodi D3 teknik listrik akan menerima sekitar 50 calon mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelas.

 “Dibukanya prodi D4 kelas kerja sama ikatan dinas antaar PNUP dan PLN merupakan salah satu perwujudan konsep link and match antara pendidikan tinggi dengan dunia kerja di samping sebagai upaya untuk menjaring talenta terbaik putra-putri bangsa”, demikian dijelaskan Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph.D., Direktur PNUP. Ditambahkan lagi bahwa mendapat kepercayaan oleh PT PLN (Persero) untuk mengelola kelas kerja sama prodi D3 sejak 2010 merupakan kebanggan tersendiri bagi PNUP apalagi kini kembali dipercaya membuka prodi D4 yang hanya dibuka di empat perguruan tinggi negeri yaitu PNUP, Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (Undip), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), dan Politeknik Negeri Bandung (Polban). 

Sementara itu menurut Pembantu Direktur I PNUP, Ahmad Zubair Sultan, Ph. D., menjelaskan bahwa kelas kerja sama PLN merupakan salah satu prodi favorit. Terbukti melalui jumlah Terbukti melalui jumlah pendaftar yang selalu membludak setiap tahunnya. Salah satu faktor yang menjadikan program studi tersebut banyak digemari adalah lulusan kelas kerja sama PLN sedari awal sudah dipersiapkan untuk mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh pihak PLN dan dalam hal penyediaan SDM yang tidak hanya mahir secara konseptual tetapi juga mahir secara praktik karena begitu selesai kuliah para lulusannya langsung diangkat menjadi karyawan.

Melalui program D4 dan D3 ikatan dinas PLN ini, mahasiswa yang telah lulus akan diangkat sebagai pegawai PLN jika memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan dalam kontrak. Selama pendidikan, mahasiswa diberi kesempatan untuk melaksanakan praktikum dan magang di unit PLN. PNUP dan PLN senantiasa melakukan validasi materi antara materi perkuliahan dengan kompetensi yang dibutuhkan calon pegawai PLN dalam menjalankan tugasnya yang akan dibuktikan dengan lulus uji sertifikasi sebagai syarat kelulusan dan pengangkatan pegawai.

Seleksi penerimaan/ujian masuk calon peserta program D3 kelas kerja sama PLN mengikuti ketentuan sistem rekrutmen pegawai yang berlaku di lingkungan PLN dan ketentuan penerimaan calon mahasiswa PNUP. Seleksi penerimaan akan dilaksanakan dengan tahapan seleksi adminstrasi, tes kemampuan akademik, tes psikologi, tes fisik, tes kesehatan, dan wawancara. Untuk pelaksanaan seleksi adminstrasi dan tes kemampuan akademik akan dilaksanakan oleh pihak PNUP sedangkan tes lainnya akan dilaksanakan langsung oleh pihak PLN. Mata pelajaran yang diujikan baik untuk program kelas kerja sama D3 PLN adalah fisika, matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.