English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

46 Mahasiswa Kelas Kerja Sama PNUP-PLN Ikut Pembekalan Magang

14 Jan 2019 - 08:08 WITA · HUMAS · 1,139

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) bersama PT. PLN (Persero) menggelar kegiatan pembekalan sekaligus pelepasan magang untuk 46 mahasiswa semester 6 kelas kerja sama PNUP-PLN di kampus I PNUP, Selasa (8/1). Kegiatan pembekalan yang menghadirkan dua pemateri dari PT. PLN (Persero) Udiklat Makassar turut dihadiri oleh direktur, para pembantu direktur, serta ketua program studi D3 teknik listrik PNUP.

Direktur PNUP, Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph. D., dalam sambutannya mengatakan bahwa sejak berlakunya pasar bebas tenaga kerja, ijazah tidak lagi menjadi satu-satunya syarat penting dalam dunia kerja. Saat ini untuk dapat berkompetisi, setiap lulusan perguruan tinggi harus memiliki kompetensi di bidang keilmuan masing-masing yang merupakan akumulasi kemampuan lulusan dalam melaksanakan sebuah pekerjaan berdasarkan keahlian yang dimilikinya secara terukur melalui sejumlah asesmen tertentu dan terstruktur. Salah satu cara untuk melatih dan meningkatkan kompetensi adalah dengan melalui kegiatan magang yang bersertifikat dan mendapat pengakuan dari Lembaga Sertifikasi Indonesia (LSI).

Untuk itu, dirinya berpesan kepada 46 mahasiswa kelas kerja sama PNUP-PLN yang akan melakukan magang di berbagai unit kerja PT. PLN (Persero) agar benar-benar memanfaatkan kesempatan berharga selama satu semester ini  dengan disiplin serta tetap menjaga nama baik almamater. Magang merupakan kegiatan penting bagi mahasiswa tingkat akhir untuk dapat mengimplementasikan semua ilmu yang dipelajari selama kuliah untuk dapat diaplikasi di dunia kerja. Selain itu, dari kegiatan ini pula nantinya akan menjadi sumber bahan pembuatan tugas akhir sebagai syarat kelulusan mahasiswa. PNUP sebagai pendidikan tinggi berbasis vokasi menerapkan sistem magang di semua program studi.

Sementara itu  salah satu pemateri, Adrian Mansyur, menjelaskan bahwa kegiatan magang sealma satu semester telah menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa kelas kerjasama PLN. Hal ini penting untuk lebih menggali wawasan dan pemikiran mahasiswa dengan ide-ide baru yang lebih kreatif dan inovatif serta tentunya memberi pengalaman langsung tentang dunia kerja yang sebenarnya. Salah satu materi yang diberikan adalah tentang bagaimana meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan dan keselamatan di dalam lingkungan kerja selain beberapa materi penting lainnya.

PNUP dan PT PLN (Persero) telah berkolaborasi membuka kelas kerja sama sejak 2010 lalu dan sudah meluluskan enam angkatan yang bekerja dan ditempatkan di seluruh wilayah kerja PLN se-Indonesia. Kelas kerja sama PNUP-PLN merupakan program pendidikan D3 teknik listrik yang menggunakan sistem gugur dengan sejumlah persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak PLN dimana lulusannya langsung mengikuti diklat prajabatan PT. PLN (Persero) sebagai prasyarat untuk diangkat menjadi pegawai PT. PLN (Persero) jika selama masa studi  di PNUP memenuhi syarat.

 

 


@poltek_upg