English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Aneka Kegiatan Ramaikan Perayaan Dies Natalis ke-31 PNUP

27 Sep 2018 - 09:33 WITA · HUMAS · 1,050

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali akan merayakan Dies Natalis pada 5 Oktober nanti. Tahun ini, Dies Natalis PNUP sudah memasuki tahun ke-31. Dalam rangka meramaikannya, PNUP menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang bersifat akademik, sosial, dan olahraga yang telah dimulai sejak September hingga November nanti. Tujuan penyelenggaraan berbagai kegiatan tersebut untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga seluruh sivitas akademika PNUP terhadap institusi, mempererat tali persaudaraan, dan menjaga tali silaturahmi dengan alumni dan segenap mitra PNUP.

Menurut ketua panitia Dies Natalis ke-31 PNUP, Dr. Nur Alam La Nafie, MBA., tema yang diangkat adalah “Memadukan Langkah Strategis PNUP dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Indonesia”. Revolusi Industri ke 4 (RI 4.0) sudah tidak terelakkan lagi dan harus dihadapi dengan langkah strategis agar tercipta sinergi yang berkualitas. PNUP sendiri sebagai pendidikan tinggi yang berbasis vokasi atau keahlian terapan telah mengarahkan semua program studi yang dimiliki untuk sesuai dengan kebutuhan industri ataupun sektor riil lainnya. Ini membuktikan bahwa saatnya PNUP harus melakukan reevaluasi sehingga kehadirannya memberikan manfaat yang sebanyak-banyaknya dan sanggup memberikan solusi berbagai masalah global saat ini. Selain itu, tema yang diusung juga sebagai motivasi agar berbagai prestasi dan kinerja yang telah diraih sebelumnya semakin ditingkatkan guna mewujudkan PNUP yang unggul dan mandiri dalam inovasi.

Sejak awal berdiri hingga saat ini beraneka ragam tantangan dan perubahan dihadapi oleh PNUP termasuk perubahan nama dan struktur. Latar belakang berdirinya PNUP dimulai 5 Oktober 1987 dengan nama Politeknik Universitas Hasanuddin. Selama hampir 10 tahun menjadi bagian dari Universitas Hasanuddin, Politeknik Universitas Hasanuddin berubah nama menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang pada 28 April 1997 yang mulai dikelola secara mandiri. Kecenderungan-kecendurangan perubahan baik internal maupun eksternal yang berkembang secara global dan kebutuhan stakeholders terhadap lulusan politeknik harus diantisipasi oleh PNUP yang telah menghasilkan lulusan atau alumni dengan berbagai bidang ilmu dan kompetensi.

Sebagai politeknik terbesar di kawasan timur Indonesia, PNUP semakin berbenah untuk menjadi pusat pendidikan vokasi dengan sumber daya manusia yang handal. Berbagai sarana dan prasarana penunjang kegiatan dan penelitian terus dilengkapi untuk memperkuat pengembangan pendidikan tinggi politeknik. Melalui Dies Natalis ke-31 PNUP diharapkan dapat membangkitkan semangat dan motivasi tinggi dari segenap civitas akademika PNUP dalam menunjang pelayanan peningkatan kualitas pendidikan bagi mahasiswa sehingga bermuara pada percepatan pembentukan generasi intelektual yang sarat dengan kecerdasan dan keterampilan.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-31 PNUP :

  • Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika : 17 September;
  • Kejuaraan Bulu Tangkis, Futsal, dan Tenis Lapangan : 24 September-5 Oktober;
  • Donor Darah : 2-4 Oktober
  • Seminar Ekonomi : 6 Oktober;
  • Family Gathering : 7 Oktober;
  • Bakti Sosial : 11 Oktober;
  • Seminar Nasional Ketekniksipilan : 13 Oktober;
  • Seminar Pendidikan Vokasi : 13 Oktober;
  • Seminar Nasional Kewirausahaan : 15 Oktober
  • Rapat Senat Peringatan Dies Natalis ke-31 : 20 Oktober;
  • Workshop Aplikasi Autodesk Fusion 360 : 26-27 Oktober;
  • Seminar Nasional Administrasi Niaga : 1 November.

@poltek_upg